Tips Merawat Anjing Peliharaan dengan Benar

Punya hewan peliharaan khususnya anjing? Di rumah, tentunya Anda harus merawatnya dengan baik sebab keputusan untuk memeliharanya di rumah tak bisa dianggap remeh.

anjing

anjing rheapunya.blogspot

Davina Veronica, seorang honorary supporter untuk WWF-Indonesia dan sebagai co-founder Garda Satwa Indonesia ia menyatakan bahwa merawat binatang peliharaan merupakan sebuah komitmen besar. Tak hanya pada pasangan hidup atau anak Anda saja, memutuskan untuk punya hewan peliharaan pun berarti Anda telah membuat komitmen besar.

Anda wajib memberinya makanan, air, medical care, dan tentunya perasaan cinta dan perhatian pada peliharaan Anda. Sejak dini, biasakan anjing Anda untuk bertemu dan bersosialisasi dengan orang-orang dan hewan lainnya. Mengapa demikian, seperti halnya Anda, yang dalam pertumbuhan memerlukan sosialisasi dengan lingkungan, berinteraksi dengan orang lain, dan juga melakukan aktivitas bersama orang lain. Begitu pula dengan hewan peliharaan Anda.

Kegiatan seperti tersebut di atas dapat meningkatkan rasa percaya diri hewan peliharaan Anda, tingkat emosinya pun menjadi lebih stabil. Langkah ini juga ampuh mencegah anjing atau hewan peliharaan Anda lainnya dari rasa takut atau agresif saat mereka dewasa.

Tak perlu sampai memakaikan mereka kostum seperti bayi. Yang terpenting bagi Anda agar membuatnya nyaman dan tumbuh dengan penampilan yang baik adalah dengan rajin memandikan, menyisir bulu mereka agar tidak kusut, dan sesekali pijat tubuh mereka. Tak dianjurkan memandikan anjing terlalu sering. Akan tetapi, bila bulu hewan peliharaan Anda lebat dan tinggal di area bercuaca panas, maka lebih baik jika dimandikan lebih sering agar terhindar dari debu dan bakteri penyebab penyakit.

anak anjing

anak anjing media.viva

Tak hanya memperhatikan fisik luarnya, hewan peliharaan Anda juga perlu diperhatikan kebersihan bagian lainnya terutama yang akan terkait erat dengan kesehatan organ dalam. Pastinya gigi adalah organ tubuh yang rentan terkena penyakit. Gigi juga merupakan organ tubuh yang terkait erat dengan makanan. Oleh karena itu, gigi hewan peliharaan Anda pun perlu sering-sering dibersihkan. Sikat gigi mereka seperti halnya Anda menyikat gigi. Sikatlah gigi hewan peliharaan Anda sebanyak tiga sampai lima kali seminggu. Jika bingung bagaimana cara melakukannya sendirian, tanyakanlah terlebih dahulu cara memandikan dan menyikat gigi hewan peliharaan Anda ke dokter hewan.

Hewan peliharaan Anda adalah teman dan sekaligus bisa menjadi partner yang baik di saat-saat tertentu. Terutama jika ingin mengusir rasa sepi, anjing bisa menemani Anda lari pagi. Mari menjadi pemelihara binatang yang rajin merawat mereka. Selamat mencoba!

Baca juga informasi sehat lainnya seperti:

Mengenal gejala dan penanganan diabetes pada kucing

Resiko terkena eksim dari hewan peliharaan

Hewan peliharaan yang tepat untuk kesehatan Anda

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.cosmopolitan.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email
Comments
  1. Posted by heri

Add Your Comment