Pisang dapat Membantu Melawan Penyakit Kronis

Awalnya berasal dari asumsi kalau buah pisang dapat dijadikan obat melawan berbagai virus, diantaranya virus penyebab AIDS, hepatitis C, dan influenza. Asumsi ini kemudian membawa peneliti pada sebuah kegiatan penelitian yang difokuskan pada protein yang terkandung di dalam buah pisang.

pisang

pisang tribunnews

Di sinilah asumsi berkembang menjadi sebuah pernyataan yang positif. Ilmuwan gabungan dari Jerman, Irlandia, Kanada, Belgia, dan Amerika Serikat bekerja sama selama berapa tahun untuk mencari tahu bagaimana kandungan protein dalam pisang yang disebut dengan BanLec bekerja melawan virus.

Ternyata mereka menemukan temuan yang menggembirakan. Potensi BanLec sebagai pelawan virus berkembang menjadi spektrum yang luas bahkan dapat menjadi antivirus. Lima tahun lalu, para ilmuwan menunjukkan bahwa protein bisa menahan penyebaran virus AIDS di dalam sel-sel tubuh namun bisa menimbulkan efek samping lain.

Dalam penelitian terbaru telah terbentuk BanLec yang dapat berjuang untuk menahan virus dan tidak menunjukkan adanya efek samping seperti infeksi dan peradagangan. Peneliti berhasil mengupas molekul protein dalam pisang dengan berbagai banyak cara. Pengupasan tersebut memungkinkan formula untuk mengilangkan pemicu efek samping.

Dengan pelepasan molekul-molekul yang beresiko tersebut, peneliti kemudian merekayasa obat versi BanLec terbaru yang disebut dengan H84T. Peneliti mengubah sedikit gen yang bertindak sebagai instruktur manual untuk membangun proses pertahanan diri di dalam tubuh. Hal ini memungkinkan BanLec versi terbaru dapat bekerja melawan virus yang menyebabkan AIDS, Hepatitis C, dan influenza.

Flu

Flu believemidwiferyservices

Telah dilakukan tes jaringan sel dan darah sebagai contoh cara kerja H84T tersebut. Hasil dari contoh memperlihatkan tidak adanya efek samping yang menyebabkan peradagan. Para peneliti juga menunjukkan bahwa H84T dapat melindungi tubuh dari infeksi virus flu dengan pasti.

Akan tetapi, walaupun ada kabar menggembirakan tersebut, Anda tetap harus hati-hati, sebab penelitian ini baru melakukan uji coba pada tikus. Uji coba pada manusia masih dalam tahap persiapan. Sebaiknya Anda menunggu kabar kelanjutan dari kerja keras para peneliti ini.

Manfaat buah pisang memang beragam, temuan diatas merupakan asumsi yang masih harus terus dibuktikan dengan uji coba yang cermat. Apalagi penemuan para peneliti akan sangat bermanfaat untuk mengatasi penyakit kronis seperti AIDS dan Hepatitis. Di samping itu, manfaat pisang yang sudah diketahui lainnya seperti dapat menjadi sumber energi, menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan otak, mengobati jerawat, menghaluskan kulit wajah, mengobati sakit maag, menyeimbangkan jumlah cairan dalam tubuh dan lain-lain. Manfaat-manfaat tersebut diakui oleh ahli kesehatan dan gizi seluruh dunia, maka sambil menunggu kepastian dari manfaat buah pisang secara berkelanjutan, mari mengonsumsi pisang secara teratur agar tubuh Anda selalu berada dalam keadaan fit setiap saat.

Baca juga manfaat buah lain, seperti

Manfaat buah semangka untuk atasi berbagai macam penyakit

7 manfaat buah gandaria bagi kesehatan

Manfaat buah arbei untuk kesehatan dan kecantikan tubuh

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www. timesofindia.indiatimes.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment