Pertolongan Pertama Ketika Anak Demam

Demam Anak healthxchange

Demam Anak healthxchange

Anak-anak usia balita bahkan bayi sekalipun sering kali diserang demam. Demam sebenarnya adalah cara tubuh untuk bertahan. Suhu ini kemudian dengan sengaja ditingkatkan oleh peningkat suhu di tubuh. Fungsi dari proses ini agar sel-sel menjadi lebih aktif. Nah, biasanya jika sudah terjadi demam seperti ini sering kali para Ibu panik, bahkan sampai tidak tahu apa yang harus dilakukan sebagai pertolongan pertamanya. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukakan ketika si kecil diserang demam.

Amati penyebabnya

Ada kalanya demam disusul dengan penyakit pilek atau batuk. Dua penyakit ini yang sering kali menghinggapi bayi dan balita. Jika memang demikian maka Anda dapat dengan mudah mengindentifikasi demam ini karena ISPA.

Amati Tanda Kegawatdaruratan

Ketika si kecil demam jangan lupa amati pula beberapa tanda yang harus diwaspadai seperti dehidrasi, kejang, sesak nafas, dan sakit kepala hebat. Satu lagi tanda yang cukup penting ialah adanya penurunan kesadaran yang biasanya dapat dijadikan parameter kuat untuk menentukan ada tidaknya kegawa daruratan.

Berikan Cairan

Jika tubuh diserang demam maka kebutuhan akan cairan meningkat. Berikanlah si kecil cairan lebih banyak dari jumlah yang biasanya mereka minum. Jika si kecil Anda masih menyusui maka berikanlah ia ASI atau susu formula. Atau berikan ia berupa cairan yang memang cocok dikonsumsi untuk usia masing-masing buah hati Anda. Lakukan ini secara rutin. Jika si kecil tidak atau kurang diberikan cairan, dikhawatirkan akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi inilah yang akan membuat suhu tubuh semakin naik lagi.

Obat Penurun Demam brunet

Obat Penurun Demam brunet

Amati Suhu Tubuhnya

Dikatakan demam normal adalah ketika suhu tubuh mencapai 38 hingga 41 derajat celcius. Dalam kondisi suhu tubuh seperti ini, Anda boleh memberikannya obat penurun demam, terlebih jika si kecil merasa tidak nyaman atau rewel. Sedangkan jika melebihi 41 derajat celcius, ada baiknya Anda membawa si kecil ke dokter karena bisa jadi hal tersebut adalah gejala dari suatu penyakit. Yang perlu diingat adalah obat penurun demam sifatnya hanya membantu anak untuk lebih nyaman dan relaks. Jika dapat menurunpun hanya dapat 1 hingga 2 derajat celcius saja.

Amati Aktifitasnya

Jika si kecil masih dapat beraktivitas seperti biasanya meskipun sedang demam berarti Anda tidak perlu khawatir, tapi sebaliknya jika si kecil lemas bahkan hingga tidak dapat melakukan aktifitas seperti biasanya maka disarankan untuk segera dibawa ke dokter guna mendapatkan penanganan yang lebih intensif lagi.

Perhatian Selimut dan Bajunya

Memperhatikan selimut dan baju yang dikenakan si kecil ketika demam merupakan hal kecil yang dapat Anda lakukan tapi sangat penting. Boleh menghangatkan si kecil dengan selimut tapi tidak yang tebal, gunakan saja selimut dengan bahan yang tipis. Kemudian untuk pakaiannya, gunakan baju yang menyerap keringat seperti katun. Jangan kenakan si kecil dengan pakaian yang tebal, tertutup dan tidak menyerap keringat.

Demam Anak pregnancyclue

Demam Anak pregnancyclue

Mengatur Suhu Ruangan

Mengatur suhu ruangan ini juga termasuk hal kecil tapi penting untuk membantu menurunkan suhu tubuh dan rasa nyaman sang buah hati. Usahakan suhu ruangan tidak terlalu panas ataupun tidak terlalu dingin. Dan jika diperlukan nyalakan kipas angin untuk melancarkan sirkulasi udara.

Menyeka atau Mengompres Tubuh

Sering kali demam membuat sang buah hati merasa tidak nyaman bahkan rewel dan menangis. Untuk membantunya agar relaks dan menurunkan suhu tubuhnya yang panas, Anda dapat menyeka atau mengompes tubuh si kecil dengan menggunakan handuk yang sudah diberikan air hangat. Yang perlu diingat adalah jangan menyeka ataupun mengompres dengan menggunakan air dingin. Sebab air dingin ini akan membuat anak menggigil dan menaikan suhu tubuhnya. Mengapa? Karena saat dikompres dingin, informasi yang diperoleh tubuh adalah di luar suhu dingin. Otomatis termostat pusat pengatur suhu tubuh di otak akan meningkatkan suhu tubuh agar tidak kedinginan. Satu lagi yang tak kalah pentingnya adalah jangan mengompres anak ketika demam dengan menggunakan alkohol karena dapat mengakibatkan gangguan pernapasan.

Pentingnya Pendidikan Sex Pada Anak,

Waspadai Bullying Pada Anak Anda

Parfum Anak, Baikkah untuk si Kecil? 

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber : parenting vemale

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment