Perlukah Mencuci Pakaian Baru Anda?

Kemeja Baru

Kemeja Baru trilliumtailor

Perlukah mencuci pakaian yang baru saja Anda beli dari distro favorit Anda? Mungkin pertanyaan yang sama kerap menghiasi pikiran Anda, terutama ketika pulang membawa dress ataupun kemeja yang begitu menawan. Jika Anda juga memikirkan hal serupa, simak info menarik berikut ini!

Jawabannya tentu cukup penting untuk mencuci pakaian baru sebelum digunakan. Donald Belsito, seorang profesor dermatology di Columbia University Medical Center menjelaskan bagaimana kutu dapat bertahan lama pada pakaian. Karena hal inilah mencuci pakaian baru seolah menjadi hal yang wajib dilakukan. Pencucian pada pakaian baru dapat menghindarkan berbagai gangguan yang mungkin terjadi pada kulit seperti gatal ataupun ruam merah.

Selain kutu, ada pula dua penyebab yang dapat menjadi alergen bagi kulit Anda. Pertama adalah pewarna dan yang kedua adalah resin formaldehid. Perlu diketahui bahwasanya kebanyakan tekstil sintetis diwarnai dengan pewarna azo-anilin. Pewarna ini dapat menyebabkan beberapa hal mulai dari kulit kering, bercak gatal hingga sedikit peradangan. Hal ini dapat terjadi di beberapa bagian tubuh, utamanya pada bagian yang memungkinkan terjadinya gesekan ataupun pada bagian yang berkeringat seperti pada leher, ketiak pinggang ataupun paha.

Laundry

Laundry bmstores

Selain menggunakan pewarna, digunakan pula urea formaldehyde resins yang memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya kerutan pada campuran katun poliester serta membatasi adanya jamur pada pakaian. Seperti yang banyak diketahui, kini pakaian anti kusut merupakan salah satu pilihan menarik. Karena tidak perlu disetrika, tentu akan menghemat waktu persiapan Anda sebelum bepergian ke suatu tempat. Meski sudah ada regulasi yang membatasi jumlah maksimal penggunaan resin ini, namun ada beberapa jenis pakaian yang memiliki tingkat resin yang melebihi ambang batas.

Dengan proses pembuatan yang begitu panjang, bisa dibayangkan sendiri berapa jumlah tangan yang menyentuh setiap pakaian baru hingga masuk ke distro favorit Anda. Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan? Karena hal inilah setidaknya pakaian Anda dicuci terlebih dahulu sebelum digunakan. Jangan lupa untuk melakukan pembilasan secara berulang. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Ini Dia Penyebab Datangnya Rasa Lapar Berlebih

Trik Agar Mudah Bangun Pagi

Rahasia Makan Sehat di Luar Rumah

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.wsj.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment