Penyebab Seseorang Mudah Lelah

Bila tubuh Anda tiba-tiba menjadi lemah dan hal itu terjadi selama beberapa hari meskipun Anda sudah makan, Anda perlu curiga. Kondisi adrenal Anda mungkin kelelahan. Bila hal ini terjadi, Anda perlu pergi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

head

head boldsky

Menurut dokter naturopati, Eric Wood,  mengatakan bahwa adrenal kelelahan merupakan kondisi lelah yang bertumpuk sehingga mempengaruhi kelenjar adrenal dan bisa memicu stres parah. Kelenjar Adrenal merupakan kelenjar endokrin berbentuk segitiga yang terletak di atas ginjal. Kelenjar ini mengatur respon stress tubuh melalui sintesis katekolamin dan kortikosteroid, termasuk adrenalin dan kortisol.

Disfungsi kelenjar adrenal bisa memicu kondisi kesehatan yang disebut dengan kelelahan adrenal. Masalah ini bisa membuat tingkat kortisol dalam tubuh menurun. Padahal, kortisol merupakan kelenjar yang dibutuhkan untuk mengatasi stress dan memerangi bakteri penyebab infeksi dalam tubuh.

Pada umumnya, seseorang yang menderita adrenal kelelahan akan merasa tidak merasa segar saat bangun tidur, selalu merasa lelah walau sudah istirahat cukup, ada keinginan untuk makan makanan asin dan manis, tidak mampu mengatasi stress, stamina rendah, lambat untuk melakukan aktivitas fisik, kekebalan tubuh rendah, merasa bisa aktif di malam hari, pencernaannya buruk, kesulitan dalam berkonsentrasi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

sop

sop resepcaramasak

Yang jelas, kondisi ini tidak memberi banyak keuntungan untuk penderita. Yang ada, penderita akan terganggu sehingga mudah tersinggung. Selain itu, penderita akan mudah terserang sakit flu.

Kondisi ini pemicunya sangat banyak, diantaranya kerja berlebihan, tingkat tekanan yang tinggi, sedikit hiburan, sedikit liburan, gaya hidup serba cepat, pola makan yang buruk, ditambah polusi lingkungan menyebabkan disfungsi kelenjar adrenal meninggi. Gejala tiap-tiap orang berbeda-beda ketika mendapati masalah tersebut, namun yang paling umum, mereka akan mudah kelelahan, sulit tidur, dan mengalami penurunan motivasi untuk melakukan sesuatu, sampai-sampai ia menjadi mudah cemas.

Ada solusi holistik untuk mengatasi permasalahan ini, Jill Carnahan, MD, seorang dokter pengobatan fungsional di Louisville, Colorado mempertimbangkan untuk melihat setiap aspek dalam mengobati adrenal kelelahan. Menurutnya, untuk mengobati adrenal kelelahan, Anda tidak bisa mengandalkan diri pada konsumsi obat tertentu selama Anda tidak memperbaiki kondisi lingkungan yang merupakan penyebab sebenarnya.

downward dog yoga pose

downward dog yoga posehealth

Carnahan menekankan pentingnya untuk disiplin keras selama periode pemulihan kondisi kelenjar adrenal Anda. Anda lebih baik menghindari kerja yang terlalu menguras tenaga, Anda juga perlu mengikuti kelas pengelolaan stress. Kelas yang dapat Anda ikuti misalnya meditasi atau yoga. Bila memiliki waktu luang, gunakan untuk jalan-jalan ke lokasi-lokasi yang menenangkan, misalnya taman di pinggir kota, memancing di laut, atau melakukan hobi lain yang dapat membantu Anda menenangkan diri.

Hal-hal seperti ini akan dapat memulihkan kelenjar adrenalin secara bertahap. Kurangi tidur terlalu larut dan kerja yang menguras tenaga dan pikiran. Ada baiknya juga Anda mengurangi konsumsi kopi dan junkfood. Kombinasikan menu makan sehat seperti karbohidrat, lemak, dan protein dalam keadaan seimbang. Semua itu akan membantu Anda memulihkan kekebalan tubuh. Perlahan-lahan, kelenjar adrenal Anda pun pulih sehingga Anda bisa beraktifitas dengan bahagia.

Selamat menjaga kesehatan.

Baca juga informasi sehat lainnya seperti:

Makanan dan minuman yang tepat untuk penderita flu

8 manfaat memijat kepala

Main tetris bisa mendukung program diet Anda

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber:  sonima.com

 

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment