Mengenal Douching, Sebuah Cara untuk Membersihkan Bagian Dalam Vagina

Peralatan Douching

Peralatan Douching healthtap

Douching merupakan teknik mencuci atau membersihkan vagina dengan air atau beragam campuran cairan lain. Teknik pencucian vagina ini ditengarai mampu mengusir bau, rasa nyeri, gatal hingga rasa terbakar pada vagina. Kebanyakan douche yang dijual di toko-toko terbuat dari campuran air, cuka, baking soda dan yodium. Douching dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan douche ke dalam vagina. Selanjutnya cairan ini akan keluar dengan sendirinya melalui vagina Anda.

Meski ditengarai menjadi solusi beberapa masalah yang terjadi pada vagina, namun perlu diketahui bahwa douching dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti terjadinya kekeringan pada vagina. Aktivitas ini juga kerap dikaitkan dengan infeksi vagina ataupun infeksi menular seksual (IMS). Douching juga dapat mengubah keseimbangan flora serta tingkat keasaman (pH) alami yang terdapat pada vagina. Padahal keseimbangan keduanya sangat penting dalam menjaga kesehatan vagina.

Seperti yang telah banyak diketahui, vagina yang sehat tentu memiliki bakteri baik dan berbahaya dalam jumlah tertentu. Keseimbangan bakteri alami ini akan membantu vagina dalam menjaga pH vagina. Selanjutnya, lingkungan asam inilah yang menjaga vagina dari iritasi ataupun infeksi. Dan ternyata  aktivitas douching dapat menyebabkan pertumbuhan yang berlebih dari bakteri berbahaya di dalam vagina. Hal tersebut dapat mengakibatkan yeast infection atau bacterial vaginosis. Jika vagina sudah mengalami infeksi, aktivitas douching dapat mendorong bakteri penyebab infeksi sampai ke uterus, tuba valopi dan rahim. Hal ini yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit radang panggul.

Ilustrasi Douching

Ilustrasi Douching aoafamily

Meski ditengarai dapat melenyapkan bau pada vagina, namun douching hanya mampu menanggulangi masalah bau tidak sedap dalam tempo yang singkat. Selebihnya, teknik membersihkan vagina yang satu ini dapat menyebabkan beragam masalah lain yang lebih buruk. Satu yang perlu diketahui, sebenarnya vagina telah memiliki mekanisme pembersihan diri secara alami dengan memproduksi lendir. Lendir ini akan membersihkan area vagina dari darah, air mani dan juga cairan vagina.

Ada cara mudah yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan vagina. Salah satunya adalah mencuci bagian luar vagina dengan air hangat. Anda dapat melakukan hal ini saat mandi. Menggunakan sabun pembersih khusus area kewanitaan dengan formula yang ringan juga dapat dijadilan alternatif pilihan yang menarik. Namun sebelum menggunakannya, Anda perlu mengetahui jenis kulit Anda. Karena jika Anda memiliki kulit yang sensitif, sabun dengan formula ringan pun dapat mengakibatkan terjadinya kekeringan ataupun iritasi.

Baca juga:

Cara Benar Mencukur Rambut Kemaluan

Baikkah Melepas Bra Saat Tidur?

Benarkah Tidur Telanjang itu Lebih Sehat?

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: womenshealth.gov

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment