Manfaat Mendengarkan Musik saat Berolahraga

| Posted : 21 Aug 2015 | Berita Sehat, Tips Sehat No comments
Olahraga Sambil Mendengarkan Musik

Olahraga Sambil Mendengarkan Musik bikinibodycountdown

Pernahkah Anda berolahraga sembari mendengarkan musik? Kalau iya, ternyata kebiasaan ini menawarkan beragam manfaat menarik lho! Meski terkesan sepele, namun penelitian menemukan bahwa musik mampu mengalihkan perhatian atas rasa sakit alami pada tubuh. Hal ini terkait dengan pelepasan bahan kimia berupa opioid yang dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa sakit alami pada tubuh.

Menariknya lagi, ada sebuah studi yang menemukan bahwa musik yang ngebeat dapat membuat kemampuan pengendara lebih cepat. Dalam kasus ini tentu saja pembandingnya adalah pesepeda yang mendengarkan musik ynag berirama lebih lambat. Meski demikian, musik yang terlalu cepat juga tidak terlalu baik. Lagu yang menawarkan irama diantara 120 dan 140 beat per minute-lah yang diketahui memiliki efek maksimum pada moderate exercisers.

Selain itu, musik dapat menempatkan Anda pada zona yang menarik, baik yang bersumber dari kenangan pada moment tertentu di sebuah lagu ataupun yang bersumber pada emosi penyanyi. Ternyata musik juga dapat meningkatkan kekuatan motivasi saat berolahraga. Tak hanya itu, musik telah terbukti meningkatkan kinerja fisik. Irama yang dihasilkan pada musik ternyata juga mampu merangsang saraf motorik otak kerika kita sedang bergerak. Hal ini dapat menjadi sebuah tanda yang akan membantu kita untuk menggunakan energi secara lebih efisien.

Olahraga Sambil Mendengarkan Musik

Olahraga Sambil Mendengarkan Musik bewellinbeirut

Manfaat mendengarkan musik tak berhenti sampai di sini. Sebuah analisis menemukan bahwa kebiasaan sering mendengarkan musik bermanfaat mengubah suasana hati. Meski ada sesuatu hal yang kurang mengenakkan yang terjadi sebelumnya, musik dapat menjadi alternatif moodboster yang menarik. Satu lagi, musik dapat membantu anda untuk bergerak. Jadi jika sedang malas berolahraga, mendengarkan musik dapat menjadi salah satu cara untuk mengusir rasa malas yang sedang menempel. So easy to get ready! See?

Baca juga:

Ternyata Menggunakan Jaket Saat Berlari Tidak Disarankan Lho!

6 Makanan yang Wajib Dihindari Sebelum Lari Pagi

Ragam Olahraga yang Meningkatkan Gairah Sex

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.huffingtonpost.com dan health.kompas.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment