Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

photo from  disehat.com

photo from disehat.com

Siapa yang tak suka dengan sayuran hijau yang satu ini? Rasanya kurang lebih seperti kacang, dan rasanya lezat jika diolah menjadi banyak macam jenis variasi. Brokoli adalah salah satu jenis sayuran berdaun hijau tua jenis Brassica, keluarga tanaman yang meliputi kangkung, kubis dan kembang kol. Asal namanya dari Italia, yaitu “broccolo” yang berarti cabang. Brokoli merupakan satu sayuran yang pling populer di seluruh dunia yang digunakan dalam berbagai hidangan dan masakan. Sayuran ini bisa dimakan mentah jika Anda memang suka atau bisa digoreng dengan mentega jika tak ingin ribet dalam mengolahnya. Brokoli telah dikenal sebagai salah satu makanan super dengan manfaat kesehatan yang luar biasa, tambahkan secara mentah pada salad harian Anda karena nutrisi yang ada didalamnya masih terlindungi. Nilai gizi dari brokoli dianggap sebagai pembangkit tenaga zat besi, protein, kalsium, karbohidrat , vitamin A, dan vitamin C. Tentu saja sayuran ini mengandung antioksidan yang penting untuk membantu tubuh melawan berbagai penyakit dan infeksi.

Brokoli mempunyai sifat anti kanker karena mengandung phytochemical. Brokoli juga dapat mengurangi risiko jenis kanker seperti kanker payudara pada wanita, kanker paru-paru dan usus besar. Selain itu mengkonsumsi brokoli dengan rutin, dapat membantu memperlambat proses penuaan, serta membantu pencernaan karena brokoli kaya akan serat yang dapat membantu sistem pencernaan Anda untuk mencegah sembelit. Kandungan vitamin C, dan asam amino sulfur juga memberikan manfaat brokoli sebagai detoxifier atau pembersih, kandungan tersebut membantu tubuh untuk menghilangkan radikal bebas dan racun seperti asam urat. Selain itu, vitamin C yang dikandung oleh brokoli juga membantu tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

photo from addapinch.com

photo from addapinch.com

Jika ingin jauh-jauh dari penyakit diabetes, segera konsumsilah brokoli, karena sayuran ini dapat mengontrol diabetes karena kaya akan kromium yang dikenal untuk membantu mengatur insulin. Banyak manfaat lain yang dikandung oleh brokoli, contohnya memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis, mencegah anemia karena zat besi juga merupakan kandungan yang ada dalam brokoli, selain mengontrol diabetes, juga dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi, mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca artikel lainnya:

Memilih Snack untuk Batita

Serat untuk Buah Hati

Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: bidanku.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment