Kopi, Baik atau Buruk untuk Kesehatan?

Lebih dari setengah orang Amerika minum secangkir kopi setiap hari. Diketahui bahwa kopi dapat memberikan bermacam-macam manfaat diantaranya dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, dan penyakit alzheimer.

Kopi

Kopi stylecraze

Kebaikan kopi di atas ternyata juga diiringi beberapa resiko yang mungkin bisa ditimbulkan karena terlalu banyak minum kopi. Kurang lebih, kopi dapat menyebabkan masalah perut, resiko keguguran pada wanita hamil, dan bisa memperparah seseorang yang mengidap penyakit jantung.

Terkait dengan laporan penelitian tersebut maka timbul pertanyaan dibenak masyarakat dunia, jadi kopi itu baik atau buruk untuk kesehatan?

Ternyata jawabannya kopi bisa baik dan juga buruk bergantung pada seberapa banyak dan seberapa sering Anda mengonsumsinya, serta riwayat kesehatan pribadi Anda. Kebiasaan yang terlalu sering minum kopi dan riwayat kesehatan yang tidak baik bisa memperburuk keadaan kesehatan Anda.

Asupan kopi moderat berarti 3-5 cangkir kopi sehari atau sampai 400 miligram (mg) kafein, lima cangkir kopi dapat berisi 375 mg atau sebanyak 1.300 mg. Jadi, agar kesehatan Anda tetap terjaga, mengetahui kandungan kafein kopi yang Anda minum merupakan hal penting.

Otak 3

Otak 3 fastcompany

Sebagai informasi, 12 ons kopi diseduh mengandung antara 75 dan 150 mg kafein. Bahkan sekalipun hanya 8 ons kopi yang diseduh, itu pun sudah mengandung sejumlah kecil kafein, kurang lebih 12 mg kafein per cangkir.

Jika Anda tidak memiliki riwayat kesehatan yang buruk, konsisten minum kopi dengan takaran di bawah 400 miligram dapat membantu Anda meningkatkan energi dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh untuk melindungi Anda dari berbagai macam penyakit. Minumlah dalam jumlah yang sama setiap hari dan di waktu-waktu yang baik untuk mengonsumsinya. Konsistensi dalam melakukannya adalah kunci untuk menuai kondisi kesehatan yang potensial pada tubuh Anda.

Degub Jantung

Degub Jantung livestrong

Untuk tubuh yang cocok dengan kopi, maka kopi dapat membantu Anda memiliki umur panjang. Mengapa? Sebab kafein bukan satu-satunya bahan dalam kopi yang menawarkan manfaat kesehatan. Minuman itu juga mengandung senyawa fenolik, antioksidan yang dapat membantu melawan kanker jenis tertentu seperti hati, endometrium, dan kolekrektal. Kopi juga dapat membantu melawan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Penelitian terkait kopi menemukan bawa minum kopi dapat menurunkan risiko terserang penyakir Parkinson. Saat ini, para peneliti bahkan sedang mengembangkan obat yang mengandung senyawa yang terkandung di dalam kopi untuk mengatasi penyakit Parkinson.

Minum 1-4 cangkir kopi setiap hari dapat membantu Anda memiliki umur panjang. Satu-dua cangkir setiap hari dapat meningkatkan memori. Penelitian baru juga menunjukkan bahwa kopi juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif yang lebih besar, sehingga konsumen kopi dapat dengan mudah mengingat secara visual.

Disamping itu, untuk tubuh yang memiliki riwayat kesehatan yang kurang baik mengonsumsi kopi akan membuat tubuhnya semakin rentan dengan penyakit. Seperti halnya kopi yang dapat memberikan kekebalan penyakit jantung, ternyata kopi juga bisa menjadi boomerang, sehingga minuman ini dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung bagi seseorang yang memiliki riwayat kesehatan buruk.

Ilustrasi jantung

Ilustrasi jantung kesehatan.kompas

Selain meningkatkan risiko penyakit jantung, bagi yang memiliki riwayat kesehatan kurang baik, kopi bisa membuatnya sulit tidur, tekanan darah tinggi, lekas marah, dan mudah sakit kepala. Untuk wanita, kopi bisa menyebabkan risiko keguguran.

Bagi wanita hamil yang tidak memiliki riwayat kesehatan yang buruk, perlu memperhatikan saran umum yakni agar mengonsumsi kafein hanya 200 mg per hari selama hamil. Bila minum lebih dari ini, bisa meningkatkan risiko kelahiran saat usia masih muda, berat badan bayi ringan, dan tubuhnya kecil. Tentu saja, bila Anda sedang hamil yang terbaik adalah menghindari mengonsumsi kopi.

Jadi, itulah manfaat  baik dan buruk kopi untuk kesehatan Anda. Sebagai orang bijak, ada baiknya bila terus memperhatikan keseimbangan konsumsi Anda terhadap minuman atau makanan apapun. Selamat menjaga kesehatan!

Baca juga informasi sehat lainnya seperti:

6 Cara Sederhana Menggunakan Kopi untuk Kulit Bersih dan Rambut Kuat

Minum Kopi dengan Cara Ini Agar Tetap Sehat

Meminum Kopi Bisa Membantu Meningkatkan Kesehatan Fungsi Hati

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber:  sonima.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment