Jangan Mengkonsumsi Minuman Keras Oplosan!

| Posted : 10 Dec 2014 | Tips Sehat No comments
mirasimport-ori.com

mirasimport-ori.com

Beberapa waktu ini seolah kita dikagetkan dengan beberapa berita bahwa minuman keras oplosan kembali menelan korban jiwa. Padahal seperti yang telah banyak diketahui, minuman keras oplosan bukanlah minuman yang berefek positif bagi tubuh. Sayangnya mengkonsumsi minuman jenis ini kadang dilakukan hanya karena hal sepele seperti untuk menjaga keakraban ataupun hubungan baik pada beragam lingkup pergaulan yang ada. Padahal akibat yang ditimbulkan sangatlah berbahaya, bahkan ada yang berujung pada hilangnya nyawa.

Umumnya beragam jenis minuman keras memiliki kadar alkohol dalam jumlah tertentu. Bir umumnya mengandung alkohol 3,5-5%, wine 10-14%, fortified wine  14-20 % sedang whisky dan vodka mengandung 40% alkohol. Dampak buruk dari penggunaan alkohol akan mengenai berbagai organ didalam tubuh. Mulai dari otak, saluran pencernaan mulai dari mulut sampai ke usus besar, organ-organ dalam tubuh khususnya liver, pancreas, otot, tulang dan sistim genetalia baik laki-laki maupun perempuan.

 www.anneahira.com

www.anneahira.com

Lalu apa bedanya dengan minuman keras oplosan? Secara logika, minuman keras saja sudah berbahaya, apalagi dengan jenis minuman yang satu ini, minuman keras oplosan bukan? Minuman keras oplosan tidak lain merupakan minuman keras yang dioolos atau dicampur dengan minuman lain sehingga membuat kadar alkohol di dalamnya menjadi tidak terdeteksi. Tujuan utama mengoplos minuman keras tidak lain agar mendapatkan harga yang lebih murah. Namun demikian, harga yang lebih murah tersebut harus dibayar dengan efek samping yang lebih berat dibandingkan dengan minuman yang mengandung alkohol saja.

Jika dicampur dengan minuman berkarbonasi atau susu relatif tidak berbahaya, tergantung dari kadar alkohol minuman keras utamanya. Namun jika dicampur dengan minuman berenergi yang mengandung cafein maka dapat mengganggu jantung. Yang paling bahaya jika minuman mengandung alkohol dicampur dengan spirtus atau minuman keras lainnya seperti metanol yang tidak diketahui kadar alkoholnya. Dan tahukah Anda ternyata kadar alkohol oplosan yang ditemukan di Sumedang yang sudah menelan banyak korban ternyata diduga mengandung alkohol sebesar 96%. Demi kesehatan, jangan pernah mencoba minuman keras opolsan ya!

Baca juga:

Menurunkan Kolesterol dengan Buah Naga

Temukan Cara Alami Menghilangkan Sakit Tenggorokan di Sini!

Jangan Kebanyakan Makan Guys, Bisa Gagal Ereksi Lho!

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: staff.blog.ui.ac.id

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment