Gejala Kanker Prostat Bisa Ganggu Keharmonisan

Gejala yang muncul pada penderita kanker prostat dapat mengganggu keharmonisan hidup Anda dengan pasangan. Sebabnya? Sudah jelas bahwa Anda akan kerap mengeluh karena berasa nyeri dan sering berkemih saat ejakulasi.

Kanker Prostat

Kanker Prostat sekslopedi

Dalam kondisi seperti itu, tentu saja saat Anda melakukan hubungan intim, kondisi tidak nyamanlah yang akan Anda rasakan bersama dengan pasangan. Dokter spesialis Urologi sudah mengonfirmasi hal itu dan menyarankan bahwa setiap orang yang aktif secara seksual sebaiknya melakukan pendeteksian terhadap kanker prostat sejak dini. Selain tekanan fisik, tekanan psikis yang dirasakan oleh penderita kanker prostat juga tak nyaman.

Prostat adalah bagian sistim reproduksi pria yang menghasilkan cairan untuk menutrisi sperma. Dokter Spesialis Urologi, Yudi Amiarno, menyatakan orang-orang yang rentan terserang penyakit kanker prostat ialah pria berusia sudah di atas 50 tahun.

Pada usia ini, kemampuan memproduksi hormon testosteron tak terganggu sehingga kebutuhan seksual amat tinggi. Akan tetapi, jika seseorang terserang gangguan prostat, maka gangguan ini dapat membuat seorang pria tidak nyaman ketika berejakulasi. Pria akan sering ke toilet sebelum selesai ejakulasi, padahal pasangan belum orgasme.

Memang, tak semua gangguan prostat berpotensi menjadi kanker prostat. Namun, gangguan prostat dapat berupa pembesaran prostat jinak, peradangan prostat, dan kanker prostat. Selain faktor usia, resiko kanker prostat juga dipengaruhi oleh faktor mutasi gen, keturunan, pola makan, radikal bebas, dan rokok. Kebiasaan menahan kencing juga bisa menjadi salah satu faktor pemicu peradangan prostat yang dapat berkembang menjadi kanker prostat.

Kanker Prostat

Kanker Prostat graha-xamthone

Gejala pembesaran prostat jinak dan kanker prostat umumnya hampir sama. Dengan demikian, masalah ini perlu ditangani sejak dini. Pendeteksian sejak dini sangat penting untuk dilakukan agar Anda bisa dihindarkan dari risiko komplikasi prostat stadium lanjut. Permasalahan yang mengancam Anda dapat berupa pendarahan, infeksi saluran kemih, gangguan ereksi, dan tak mampu berejakulasi.

Jikalau gangguan prostat yang Anda alami sudah dapat diidentifikasi sejak dini, maka dokter dapat menanganinya, minimal dengan obat. Anda dapat menjalani pemeriksaan prostate specific antigen (PSA) dan digital rectal examintion (DRE) di klinik atau rumah sakit terdekat.

Selain mengonsumsi obat, apoteker dari Laboratorium Klinik Prodia, mengatakan penderita gangguan prostat, baik itu kanker atau bukan, sebaiknya mengonsumsi tomat yang direbus 2-3 butir setiap hari. Tomat diketahui memiliki kandungan lycopene yang dapat bermanfaat untuk menjaga sel dari serangan radikal bebas. Disarankan pula agar pasien memiliki istirahat yang cukup, mematuhi pola hidup dan pola makan yang sehat.

Baca juga informasi sehat lainnya seperti:

Suplemen kalsium, vitamin D, dan risikonya untuk pria penderita kanker prostat

9 tanda awal kanker prostat

Makanan yang tepat untuk menambah kejantanan pria

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: koran Kompas, 16 Maret 2015

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment