Cara Pintar Menjaga Kebersihan Lensa kontak

| Posted : 14 Nov 2015 | Berita Sehat, Tips Sehat No comments
Lensa Kontak

Lensa Kontak lenspick.com

Lensa kontak merupakan salah satu inovasi yang menarik sebagian pengguna kaca mata di berbagai negara. Maklum saja, penggunaan kaca mata terkadang dapat menimbulkan bekas diantara kedua mata. Selain itu kini lensa kontak menawarkan inovasi yang banyak disukai kaum hawa. Apalagi kalau bukan lensa kontak warna-warni yang membuat tampilan mata semakin terlihat menawan.

Salah satu hal yang wajib dilakukan oleh pengguna lensa kontak adalah menjaga kebersihan lensa kontak itu sendiri. Memang semua orang bisa beresiko terkena infeks pada mata, namun resikonya tentu lebih besar mereka yang menggunakan lensa kontak. Sejatinya infeksi mata dapat disebabkan oleh beragam hal, seperti bakteri, jamur ataupun virus. Selain mengganggu kenyamanan mata, hal ini dapat berpotensi menyebabkan mata menjadi kemerahan, iritasi atau bahkan mengurangi daya lihat pada mata.

Jika Anda menggunakan lensa kontak, Anda memiliki resiko besar untuk terkena infeksi pada mata. Hal ini dapat disebabkan karena penggunaan lensa kontak dapat mengurangi jumlah oksigen yang sampai di kornea. Sayangnya jika tidak ditangani dengan benar, bakteri dapat berpotensi terdapat pada lensa kontak. Karena itu beberapa hal berikut ini wajib diketahui oleh semua pengguna lensa kontak, dimanapun berada.

Pertama, hindarilah menyentuh lensa kontak Anda menggunakan tangan yang kotor. Sebelum menyentuh lensa kontak, pastikan Anda telah mencuci tangan menggunakan sabun dan mengeringkannya terlebih dahulu. Oiya jangan pernah membersihkan lensa menggunakan air liur atau lidah Anda ya! Meski terlihat sepele, namun hal ini merupakan salah satu penyebab terjadinya infeksi pada mata.

Lensa Kontak

Lensa Kontak eyeconsultantsofco.com

Jangan lupa untuk melumasi mata menggunakan tetes lensa mata yang bebas pengawet dan kompatibel dengan lensa kontak yang sedang digunakan. Pastikan pula untuk mengeluarkan lensa kontak di malam hari. Jika tidak sedang digunakan, simpanlah lensa kontak dalam wadah yang bersih. Ada baiknya Anda memeriksakan kesehatan mata minimal sekali dalam setahun. Jangan lupa untuk memilih dokter mata yang memiliki kredibilitas yang baik. Bagaimana dengan pengalaman Anda?

Baca juga:

Cara Menghapus Riasan Mata yang Benar Bagi Pengguna Lensa Kontak

Menjaga Kesehatan Mata Anak dengan Bermain dari Luar Ruangan

Mengenal Seluk Beluk Glaukoma, Si Pangganggu Mata

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama

Sumber: health.clevelandclinic.org

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment