Cara Meningkatkan Energi Tanpa Mengkonsumsi Kafein

| Posted : 30 Nov 2015 | Berita Sehat, Tips Sehat No comments
Jalan-jalan

Jalan-jalan pixabay

Energy booster merupakan salah satu hal yang dapat meningkatkan semangat seseorang tatkala sedang malas. Terkait hal ini, kopi merupakan salah satu energy booster yang banyak disukai. Dengan berbagai rasa dan cara penyajian yang unik dan berbeda, kini minuman yang nikmat diteguk saat panas ataupun dingin ini banyak tersedia di angkringan, kafe ataupun coffeshoop ternama. Menariknya lagi tidak ada waktu khusus untuk menikmati lezatnya secangkir kopi. Pagi, siang ataupun malam bisa-bisa saja.

Namun apapun yang berlebihan tentu tidak akan direspon baik oleh tubuh. Apalagi jika konsumsi kopi diiringi dengan penambahan gula yang berlebih. Tentu hal ini akan berdampak kurang baik bagi kesehatan. Terkait hal ini, sebuah penelitian menunjukkan bahwa perasaan terjaga dan waspada dipengaruhi pula oleh paparan cahaya. Hal ini erat kaitannya pula pada ritme sirkandian atau jam biologis seseorang.

Hal pertama yang dapat dilakukan untuk meningkatkan energi tidak lain adalah jalan-jalan. Aktivitas fisik dapat meningkatkan denyut jantung, metabolisme serta aliran darah yang semuanya dapat menjadi penangkal kelelahan. Terkait hal ini hasil studi menyebutkan bahwa berjalan secara rutin selama 20 menit dapat menurunkan kelelahan berat yang terjadi pada penderita kanker. Tidak hanya itu, berjalan juga ditengarai dapat meningkatkan kreativitas. Cara mudah dan murah yang satu ini dapat menjadi alternatif kegiatan untuk dilakukan ketika Anda sedang merasa “ngidam” gula atau ingin mengkonsumsi makanan yang manis-manis.

Selain itu, menurut penelitian yang dilakukan di Inggris baru-baru ini menemukan bahwa permen karet ternyata memiliki banyak manfaat. Selain dapat meningkatkan kewaspadaan, permen karet juga dapat meningkatkan perhatian bahkan suasana hati seseorang. Tidak berhenti sampai di sini, permen karet juga dapat meningkatkan denyut jantung dan level kortisol. Kedua komponen ini ditengarai erat kaitannya dengan energi.

Terkait dengan menjaga kewaspadaan, cahaya biru ditengarai dapat menekan hormon melatonin. Hormon ini secara alami diproduksi dalam jumlah terbatas oleh tubuh. Melatonin bermanfaat untuk mengatur munculnya rasa kantuk hingga tidur dan bangunnya seseorang. Dengan menekan hormon tidur ini, cahaya biru akan bermanfaat untuk menjaga tingkat kewaspadaan seseorang. Terkait dengan pengaruh cahaya biru tadi, penelitian yang dilakukan oleh Lighting Research Center  menemukan bahwa cahaya merah dan biru juga dapat meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi rasa kantuk.

Menyanyi

Menyanyi pixabay

Meski terdengar sepele, menyanyi juga dapat menjadi salah satu energy booster lho! Penelitian menunjukkan ternyata menyanyikan satu lagu akan menimbulkan perasaan lebih energik dibandingkan dengan mendengarkannya saja. Terakhir, memijat telinga juga dapat meningkatkan energi seseorang lho! Memijat telinga menggunakan ibu jari dapat membantu mengalirkan energi. Bagaimana dengan pilihan Anda?

Baca juga:

Cara Benar Menyimpan Sayur dan Buah di Kulkas

Manfaat Cokelat yang Belum Banyak Diketahui

Pilihan Minuman Terbaik yang Cocok Dikonsumsi Setelah Olahraga

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama

Sumber: www.byrdie.com dan duniafitnes.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment