Cara Mengelola Obat Herbal di Rumah

Menanam tanaman herbal dan membuat sendiri ramuan herbal di rumah merupakan sebuah aktivitas seru bagi penggemar ramuan herbal. Obat kimia mungkin bagus, tapi mengobati suatu penyakit dengan obat herbal juga sebuah pilihan yang bijak.

teh herbal

teh herbal republika

Dengan penanganan yang benar, menumbuhkan tanaman herbal yang bagus tentu mudah didapatkan. Anda hanya perlu memupuk diri dengan ilmu pengetahuan yang tepat untuk menunjang penanganan penumbuhan tanaman herbal yang terbaik. Demi menunjang kesehatan yang lebih baik, tentu proses menanam tanaman herbal ini juga akan membuat pikiran Anda tenang.

Cobalah cara mengelola obat herbal sendiri di rumah, misalnya teh herbal. Pertama-tama Anda harus menanam kemudian membuat teh sendiri. Kebijakan ini memungkinkan Anda mengontrol kualitas ramuan. Resep teh sebagai obat herbal sudah dimiliki selama berabad-abad, Anda bisa mempelajarinya satu persatu kemudian mempergunakannya.

ramuan teh herbal

ramuan teh herbal merdeka

Teknik pengeringan tanaman teh yang baik dilakukan di bawah terik matahari. Anda bisa menjemur daun teh yang sudah dipotongi di rumah kaca, atap rumah atau di mana saja, yang penting tempat tersebut memungkinkan Anda untuk mendapatkan terik matahari yang cukup untuk mengeringkan daun teh Anda. Selain terik matahari, memastikan bahwa daun teh yang sedang Anda jemur mendapatkan udara yang cukup juga penting. Ruang udara yang cukup akan mempercepat teh mengering dan berkualitas bagus karena tidak perlu menjemurnya dua kali.

Daun teh yang sudah kering sudah dapat Anda nikmati setelah Anda sortir mana yang bagus dan mana yang rusak. Pada dasarnya semua dapat dikonsumsi, namun kualitasnya tentu berbeda. Teh herbal yang bagus bisa Anda dapatkan dengan menambahkan lemon, bunga chamomile, daun yarrow, daun lemon dan sebagainya ketika diseduh.

Ramuannya: kalau Anda pilih bee balm untuk melengkapi acara minum teh Anda, maka masukkan satu sendok teh kering bee balm ke dalam cangkir bersamaan dengan daun teh kering. Setelah itu seduh dengan air hangat. Setelah diaduk, saring seduhan tersebut. Anda akan mendapatkan air teh dengan campuran bee balm di dalam cangkir kesayangan Anda. Bee balm di dalam teh dapat memberikan efek menenangkan untuk saraf Anda dan membantu melancarkan pencernaan.

teh herbal

teh herbal openrice

Kalau Anda lebih suka menambahkan bunga chamomile ke dalam teh, Anda bisa mendapatkan manfaat berupa ketenangan. Itu terjadi karena bunga chamomile mempunyai aroma terapi dan refreshing yang menyegarkan pikiran. Masukkan dua sendok makan bunga chamomile kering ke dalam cangkir Anda kemudian seduh. Sebaiknya Anda saring terlebih dahulu ampas teh dan bunga chamomilenya sebelum teh Anda nikmati.

Menyeduh sendiri teh dengan capuran daun yarrow pastilah menyenangkan. Apalagi bila Anda mengetahui efek positif dari campuran di keduanya ini. Daun yarrow atau bunga yarrow dengan teh akan membantu Anda meredakan nyeri sakit. Apa saja sakit Anda gabungan keduanya akan membantu Anda meredakan rasa sakitnya. Untuk mendapatkan efek baik itu masukkan satu sendok makan daun yarrow segar atau bunga yarrow kering ke dalam cangkir teh Anda, kemudian seduh. Tunggu beberapa saat sampai air berubah warna menjadi kecokelatan baru kemudian disaring. Setelah itu, teh yarrow Anda siap untuk dinikmati.

Jika Anda menikmati teh secara rutin, Anda akan senantiasa sehat karena efek herbal dari teh sangat bagus untuk tubuh dan pikiran Anda. Ketika tubuh dan pikiran sehat, tentu akan memberikan efek baik pula pada pekerjaan sehari-hari Anda.

Tanaman herbal dan obat herbal sarat dengan sifat anti-mikroba dan zat penyembuhan. Tanaman dan obat herbal dapat membantu Anda pula dalam mengatasi masalah pencernaan. Jadi, bukan langkah yang buruk untuk memulai kebiasaan menanam dan menjajal membuat obat herbal Anda sendiri di rumah untuk menjaga kesehatan keluarga. Selamat mencoba!

Baca juga informasi sehat lainnya seperti:

4 kombinasi makanan yang baik untuk pikiran dan tubuh

7 buah yang kaya vitamin c selain buah jeruk

Makanan yang akan melindungi kulit dari sinar matahari

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.foodandwine.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment