Cara Memperlancar Haid

Cara Memperlancar Haid

Cara Memperlancar Haid obattradisionalalternatif.com

Bagi wanita, obrolan seputar siklus menstruasi atau yang dikenal dengan nama haid merupakan sesuatu salah satu “obrolan bergizi”. Menstruasi sendiri akan berlangsung 2 hingga 7 hari dengak siklus selama 21-35 hari sekali. Meski sebagian wanita mengalami siklus haid yang normal dan teratur, ada pula sebagian kaum hawa yang mengalami gangguan pada siklus bulanan ini. Salah satu yang kadang terjadi adalah siklus menstruasi yang tidak teratur ataupun siklus haid yang mundur dari jadwal yang “seharusnya”.

Jika ada yang mengalami hal demikian, berikut ini terdapat beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi haid yang tidak teratur. Hal pertama tentu saja cukup istirahat. Ya, istirahat yang cukup merupakan syarat mutlak agar keseimbangan tubuh tetap terjaga. Untuk mengurangi stres Anda dapat meluangkan satu hari dalam seminggu untuk berlibur. Hal ini tidak lain karena stres merupakan salah satu faktor penyebab menstruasi yang tidak teratur.

Cara Memperlancar Haid (Minyak Clary Sage)

Cara Memperlancar Haid (Minyak Clary Sage) balancedbabe.com

Hal kedua yang tidak dapat disepelekan tentu saja adalah olahraga. Terkait hal ini, dua olahraga yang sangat membantu memperlancar haid adalah jalan kaki dan jogging. Satu yang perlu diketahui, sesuatu yang berlebihan tentunya dapat mengakibatkan efek yang kurang baik bagi tubuh. Begitu pula dengan olahraga yang berat dan berlebihan. Hal ini dapat mengakibatkan kesulitan menstruasi yang disebabkan kondisi tubuh yang mengalami kelelahan.

Selain itu, minyak Clary Sage juga dapat melancarkan haid dan mengatasi terjadinya kram perut. Caranya sangat mudah, cukup dioleskan pada perut yang terasa kram akibat berlangsungnya haid. Alternatif lain yang dapat dilakukan adalah mengkompres perut dengan bantalan panas atau berendam dalam air hangat. Hal ini dapat mengurangi rasa sakit saat datang bulan tiba.

Cara Memperlancar Haid (Sayuran Hijau)

Cara Memperlancar Haid (Sayuran Hijau) jamujokotole.net

Selain beragam hal di atas, tentu saja asupan makanan juga perlu dijaga. Beberapa contoh makanan yang baik dikonsumsi adalah pisang, sayuran hijau, kacang-kacangan dan daging merah. Seperti yang diketahui bersama sayuran hijau kaya akan kandungan zat besi, vitamin B juga tinggi serat. Selain dapat membantu melancarkan sistem pencernan, sayuran hijau juga dapat melancarkan siklus menstruasi.

Sedangkan kacang-kacangan yang memiliki kandungan lemak dan omega 3 juga dapat melancarkan haid. Kalori yang terkandung dari jenis makanan ini juga lebih baik dibandingkan dengan kalori dari junkfood. Dan seperti yang telah banyak diketahui, daging merah merupakan asupan zat besi yang sangat penting saat haid tiba. Kandungan zat besi pada daging merah dapat menggantikan zat besi yang dikeluarkan oleh darah haid.

Cara Memperlancar Haid (Pakaian Dalam yang Nyaman)

Cara Memperlancar Haid (Pakaian Dalam yang Nyaman) www.aliexpress.com

Wanita yang sering mengkonsumsi daging merah biasanya memiliki zat besi yang lebih baik saat haid jika dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi daging merah. Makanan tinggi kalium juga merupakan jenis makanan yang dianjurkan untuk  dikonsumsi saat haid tiba. Satu lagi yang perlu dilakukan, pakailah pakaian dengan bahan yang nyaman dan ukuran yang tidak terlalu kecil dan ketat. Bra yang nyaman dan longgar dapat mengurangi pembengkakan yang dikarenakan datangnya gejala PMS. Semoga bermanfaat ladies!

Baca juga:

Waspadai Laringitis, Peradangan Laring atau Kotak Suara

Kenali Perbedaan Utama Obat Generik Versus Obat Paten

Cara Usir Gatal “Nakal” di Area Payudara

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: drozindonesiatranstv.blogspot.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment