Cara Benar Mencukur Rambut Kemaluan

| Posted : 23 May 2015 | Berita Sehat, Tips Sehat No comments
Ilustrasi Rambut Kemaluan

Ilustrasi Rambut Kemaluan buzzfeed

Mencukur rambut kemaluan merupakan salah satu cara yang umum dilakukan untuk menjaga kesehatan organ intim wanita. Selain menggunting, mencukur bulu kemaluan merupakan alternatif paling tidak menyakitkan dibandingkan waxing. Jika Anda juga melakukan hal yang sama, lakukanlah pencukuran rambut kemaluan dengan teknik yang benar.

Apabila Anda melakukan pencukuran dengan teknik yang salah, maka ada resiko terluka ataupun iritasi saat rambut kembali tumbuh. Selain itu teknik pencukuran yang tepat juga dapat mengurangi resiko timbulnya permukaan kulit kemaluan yang kasar.

Mandilah dengan air hangat sebelum melakukan proses pencukuran. Air hangat dapat membuat kulit menyerap uap panas. Hal ini dapat membuka pori-pori di sekitar folikel rambut sehingga rambut lebih mudah lepas dari akar saat dicukur. Jika ingin bercukur tanpa mandi, Anda dapat menutupi area kemaluan dengan kain yang telah dicelupkan ke dalam air hangat.

Sebelum mencukur, bersihkan area permukaan organ vital Anda dengan cara mengangkat permukaan sel kulit matinya. Proses ini dapat dilakukan dengan mengoleskan scrub yang terbuat dari campuran gula dan minyak almond atau minyak jojoba. Selain berfungsi mengelupaskan kulit, scrub ini juga dapat melembabkan kulit dan rambut kemaluan. Hal ini tentu akan mempermudah saat proses pencukuran sehingga rambut kemaluan dapat dicukur bersih.

Pastikan kebersihan pisau cukur sebelum digunakan. Usahakan untuk mencukur dengan pisau cukur yang bebas karat. Hal ini wajib dilakukan untuk menghindari penyakit yang dapat ditularkan dari pisau cukur. Selain itu pastikan Anda menggunakan pisau cukur tajam. Pisau cukur yang tumpul akan memperbesar kemungkinan terjadinya iritasi di permukaan kulit.

Ilustrasi Rambut Kemaluan

Ilustrasi Rambut Kemaluan pinterest

Selain itu gunakanlah gel atau krim cukur yang mengandung oatmeal, utamanya bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Selain berfungsi pelindung kulit dari iritasi, krim ini juga bersifat menyejukkan kulit. Bahan alami yang terkandung dalam krim atau gel dapat mengikat air di kulit sekaligus menjadi penghalang dari berbagai hal diluar kulit yang berpotensi menyebabkan terjadinya iritasi.

Teknik yang tepat saat mencukur rambut kemaluan adalah melakukan pencukuran sesuai arah pertumbuhannya. Jika rambut kemaluan tumbuh ke arah bawah, maka Anda dapat mulai mencukur rambut dari arah atas ke bawah. Gerakkan pisau cukur secara perlahan dan penuh kehati-hatian. Sebelum mencukur pendekkan rambut kemaluan terlebih dahulu dengan cara mengguntingnya sebelum mencukur. Hindari pula menekan pisau cukur ke kulit untuk memastikan semua rambut kemaluan tercukur. Hal ini dapat menimbulkan luka. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Cara Mengurangi Resiko Accidentally Peed

Mengenal Penyebab dan Jenis Katarak

Bahaya Menggunakan Make Up Kadaluarsa

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: meetdoctor.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment