Batasan Konsumsi Gula Per Hari

Asupan Gula Per Hari

Asupan Gula Per Hari sugaralert

Bagi sebagian orang, menghindari konsumsi gula merupakan salah satu hal yang sulit untuk dihindari. Gula merupakan salah satu komponen yang berada di berbagai produk makanan. Bahkan dalam jus segar yang kita pesan, sering ditemui penambahan gula di dalamnya. Jika Anda membeli makanan, coba saja perhatikan komposisi makanan yang umumnya diletakkan di bagian belakang produk. Di sana Anda mungkin akan menemukan jenis gula yang digunakan. Permen, roti, pie dan cookies merupakan beberapa makanan yang mengandung gula. Banyak pula yang menambahkan gula dalam produk olahan dari susu, seperti pada produk yoghurt, es krim, permen dan susu manis.

Selain gula tambahan yang kerap ditambahkan dalam beragam makanan ataupun minuman dalam kemasan, perlu diketahui bahwasanya ada pula gula yang bersifat alami. Gula jenis ini berasal dari buah-buahan, sayuran maupun tanaman lainnya seperti tebu. Bentuknya pun bermacam-macam, dimana yang paling umum adalah glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Seperti halnya jenis nutrien yang lain, konsumsi gula setiap harinya pun wajib dibatasi. Ini tidak lain karena konsumsi gula berlebihan dapat meningkatkan resiko mulai dari kerusakan gigi hingga diabetes.

Lalu berapa banyakkah konsumsi gula ideal per harinya? Menurut American Heart Association, konsumsi gula perharinya dibedakan berdasarkan kelompok usia. Berikut tabelnya:

Kelompok Umur Batasan Konsumsi Gula (gram)
Anak usia 4-8 tahun 12 gram
Pra Sekolah 16 gram
Remaja 20-32 gram
Wanita 24 gram setara dengan6 sendok teh
Pria 36 gram, serata dengan 9 sendok teh

Tabel Batasan Ideal Konsumsi Gula Setiap Hari

Gula

Gula globe-views

Sedangkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan konsumsi maksimal gula hanya 10% dari rata-rata jumlah kalori harian sebesar 2000 kalori. Hal ini setara dengan 20 gram gula tambahan per hari. Sedangkan untuk penderita diabetes, tentu kebutuhan dan konsumsi gula maksimal perlu dikonsultasikan dengan pihak medis yang dipercaya. Konsumsi harian gula penderita diabetes dapat bervariasi, yang disesuaikan dengan kadar gula darah serta aktivitas harian yang dijalani.

Jika ingin mengetahui kadar gula darah dalam darah, Anda dapat menggunakan glucometer. Alat ini dapat Anda temukan di toko yang menjual peralatan medis. Kini banyak pula apotek yang menyediakan layanan pemeriksan gula darah. Dimanapun Anda melakukan tes gula darah,pastikan jarum yang digunakan adalah jarum yang steril. Untuk memperoleh gaya hidup sehat, pertahankan gaya hidup aktif dan batasi konsumsi gula. Be healthy!

Baca juga:

Pentingnya Sarapan Bagi Kesehatan

5 Pilihan Energy Booster yang Asyik Dibawa ke Kantor

Mana yang Bikin Gemuk, Kentang atau Nasi?

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.md-health.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment