Ayo Lakukan SADARI, Gerakan Periksa Payudara Sendiri

www.nationalbreastcancer.org

www.nationalbreastcancer.org

Pencegahan selalu lebih baik daripada pengobatan bukan ladies? Begitu pula dengan momok wanita yang satu ini, kanker payudara. Penyakit yang menjadi “pembunuh” kedua setelah kanker leher rahim ini memang menjadikan seluruh wanita di berbagai belahan dunia menjadi lebih aware terhadap kesehatan payudaranya masing-masing. Salah satu cara mengenali gejala kanker payudara dapat dilakukan dengan melakukan gerakan periksa payudara sendiri atau yang dikenal luas dengan nama SADARI. Penasaran bagaimana cara melakukannya? Simak informasi selengkapnya berikut ini!

Gerakan SADARI adalah cara termudah tanpa biaya yang dapat dilakukan wanita setiap bulannya. Dengan lima langkah mudah berikut ini berarti Anda telah ikut memerangi kanker payudara sedini mungkin, apalagi menyebarkan informasi bermanfaat ini ke lingkungan terdekat Anda. Langkah mudah pertama mulailah dengan melihat payudara Anda di cermin dengan bahu lurus dan lengan di atas pinggang. Posisi ini dilakukan tidak lain untuk menilai apakah ukuran, bentuk dan warna payudara, normal atau tidak, terjadi bengkak atau tidak. Jika menemukan tanda dimpling atau permukaan payudara tertarik atau cekung, kerutan atau bengkak di kulit payudara, puting susu berubah posisi atau tertarik ke dalam atau merasakan kondisi yang nyeri, ruam atau pembengkakan maka jangan tunda lagi, segera periksakan diri ke dokter atau rumah sakit terdekat.

 www.lovelytoday.com

www.lovelytoday.com

Langkah kedua SADARI tak kalah mudahnya. Angkat dan cari perubahan di kedua payudara Anda. Langkah ketiga amati kedua payudara Anda, apakah mengeluarkan cairan seperti susu, kuning, darah atau tidak. Selanjutnya lakukan langkah mudah keempat dengan cara melakukan perabaan dengan posisi berbaring. Lakukan perabaan payudara kiri dengan tangan kanan begitu pula sebaliknya. Palpasi atau perabaan dilakukan dengan lembut menggunakan tiga jari dengan gerakan melingkari payudara. Tekan payudara dari atas ke bawah, dari satu sisi ke sisi yang lainnya, mulai dari bagian atas menuju ke arah perut lalu dari arah ketiak menuju ke tengah payudara.

Dengan mengikuti pola demikian Anda juga dapat memeriksa puting susu. Gerakan perabaannya bisa dimulai dari bagian tengah menuju tepi luar payudara. Anda juga dapat memindahkan jari Anda secara vertikal ke atas dan ke bawah. Pastikan pula untuk merasakan semua jaringan dari depan sampai belakang payudara. Untuk jaringan di bawah kulit tekan dengan gerakan ringan, sedangkan untuk jaringan yang lebih dalam gunakan penekanan yang lebih kuat.

prettymomguide.com

prettymomguide.com

Langkah terakhir gerakan SADARI dapat dilakukan dengan posisi berdiri ataupun duduk. Banyak wanita yang merasa lebih mudah melakukan pemeriksaan ketika kulit payudara sedang basah ataupun licin. Gerakannya sama dengan gerakan nomer 4. Nah waktu yang tepat untuk melakukan SADARI adalah 10 hari setelah menstruasi, dihitung dari hari pertama haid Anda. Ayo lakukan SADARI sedini mungkin! Selamat mencoba!

Baca juga:

Tips Mencegah Bau Pada Area Vital Pria

Tips Mengurangi Paparan Kadmium pada Tubuh

Jangan Mengkonsumsi Minuman Keras Oplosan!

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: blog.awalbros.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment