Apakah Pengobatan Terbaik untuk Kanker Payudara Stadium Awal?

Jika Anda didiagnosis dengan kanker payudara, apakah Anda berpikir akan mengambil jalur operasi untuk menghilangkannya? Kebanyakan orang pasti akan memilih langkah tersebut, namun apakah langkah tersebut merupakan pilihan terbaik? Temukan jawabannya di sini.

pengobatan kanker

pengobatan kanker huffingtonpost.ca

Para ahli menyarankan sebelum Anda mengambil langkah tersebut ada baiknya jika Anda melihat terlebih dahulu kondisi kanker payudara Anda. Bila masih dalam kondisi stadium awal, para dokter akan menyarakankan pada Anda untuk mengambil pilihan pengobatan yang lebih baik dibandingkan dengan operasi.

Kanker peyudara merupakan suatu pertumbuhan sel abnormal yang terbatas pada saluran susu. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa banyak kasus kanker payudara tidak akan berkembang menjadi kanker invasif yang mengancam jiwa.

Tim peneliti dari Brigham dan Rumah Sakit Wanita beserta Pusat Kanker Wanita di Boston melaporkan bahwa operasi tidak meningkatkan tingkat ketahanan hidup seorang wanita yang mengalami payudara stadium awal. Sementara itu, JAMA Onkologi menemukan bahwa wanita yang didiagnosis dengan kanker payudara stadium awal memiliki peluang resiko yang sama dengan kanker payudara invasif pada wanita, yakni kematian. Itu berarti semua kanker cenderung perlu diperlakukan secara agresif.

Shelley Hwang, MD, kepala operasi payudara di Duke University dan Duke Cancer Institute di North Carolina mengatakan bahwa kanker payudara baik stadium awal maupun invasif, selalu menimbulkan rasa nyeri berkepanjangan dan seseorang bisa juga mengalami hernia. Menurutnya cara terbaik untuk mengatasinya memang harus dilakukan operasi sebagai langkah untuk memperbaiki sisa hidup Anda.

ilustrasi kanker

ilustrasi kanker pixabay

Walaupun demikian, para dokter juga memberikan altenatif lain untuk mengobati kanker payudara. Anda bisa memilih sistim pengobatan di luar operasi seperti kemoterapi dan radioterapi untuk yang masih stadium awal. Walaupun begitu, dua model pengobatan tersebut memberikan efek samping, seperti rasa mual setelah kemoterapi. Selain itu Anda juga harus menghabiskan waktu bolak balik melakukan kemoterapi maupun radioterapi dengan dokter.

Pada umumnya kanker payudara yang masih berada dalam stadium awal dapat disembuhkan secara total.  Proses penyembuhan secara total biasanya dilakukan dengan operasi. Ada dua standar operasi yang akan dilakukan, pertama operasi mengangkat tumor dan kedua, operasi mengangkat payudara secara menyeluruh atau mastektomi. Langkah pertama merupakan operasi yang dilakukan jika kanker belum menyebar ke bagian tubuh yang lain, sedangkan langkah kedua merupakan pilihan yang tak dapat dihindari jika sel kanker sudah menyebar ke bagian tubuh yang lain dan Anda sudah didiagnosis mengalami kanker payudara stadium lanjut.

Baca juga informasi kesehatan lain terkait dengan kanker payudara seperti:

Kenali ciri kanker payudara di sini!

5 makanan untuk mencegah kanker payudara

Mengenal mammogram, tes kesehatan payudara

 

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.news.health.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment