Aneka Makanan yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkas

Kemangi

Kemangi pixabay

Umumnya orang menyimpan beragam makanan ke dalam kulkas agar makanan lebih awet. Sayangnya, ternyata hal ini tidak berlaku pada semua bahan makanan lho! Tidak terkecuali pada bahan makanan yang mungkin sering dikonsumsi sehari-hari. Apa saja ya? Berikut beberapa diantaranya!

Salah satu bahan makanan yang kerap disimpan alam lemai es adalah petersali dan daun kemangi. Ternyata kedua jenis sayuran ini akan menjadi cepat busuk jika disimpan di dalam lemari es! Salah satu cara terbaik untuk menyimpannya adalah menyimpannya layaknya bunga dengan memasukannya pada wadah berair.

Selanjutnya ada kentang. Sebisa mungkin hindari menyimpan kentang di dalam kulkas. Jika kentang disimpan dalam kulkas maka kandungan tepungnya dapat cepat menjadi gula. Selain rasa kentang yang berubah, hal ini juga dapat mengakibatkan warna kentang akan cepat menghitam saat dimasak. Untuk menyimpannya, cukup gunakan kantong kertas saja.

Selanjutnya ada alpukat. Bagi sebagian orang lebih menyukai membeli alpukat pada berbagai tingkat kematangan, bahkan yang masih mentah sekalipun. Ternyata menyimpan alpukat mentah dalam kulkas dapat memperlambat masa lho! Sebaliknya, alpukat matang yang belum ingin dikonsumsi dapat disimpan dalam kulkas. Jadi perhatikan betul tujuan dan juga tingkat kematangan buah saat menyimpan alpukat di dalam lemari es Anda.

Tomat

Tomat pixabay

Ada lagi tomat. Ternyata tomat justru akan lebih cepat busuk jika  disimpan di dalam kulkas. Hal ini disebabkan karena membran dinding sel tomat menjadi rusak akibat suhu dingin dalam kulkas. Hal ini mengakibatkan tekstur tomat menjadi lembek dan pucat. Tomat cukup disimpan dalam suhu ruangan dengan posisi tangkai ada di bagian atas. Sebisa mungkin jauhkan tomat dari paparan sinar matahari.

Tidak hanya itu, ternyata bawang putih dan bawang merah juga memiliki sifat serupa. Lebih cepat lembek dan rusak jika disimpan dalam kulkas. Selain itu penyimpanan di alam kulkas juga dapat merusak aroma khas pada kedua bumbu ini. Anda cukup menyimpannya pada suhu ruangan saja. Oiya, penyimpanan kopi di dalam kulkas juga tidak disarankan. Proses kondensasi dalam kulkas dapat merubah kualitas dan rasa biji ataupun bubuk kopi. Kopi baik disimpan dalam wadah tertutup pada suhu ruangan.

Selain itu selai buah, mayonaise, asinan, saus, kecap, minyak zaitun dan juga madu tidak perlu disimpan di dalam kulkas, cukup disimpan pada suhu ruangan saja. Untuk madu, suhu dingin pada kulkas malah akan mengentalkan madu sehingga menyusahkan saat ingin dituang ataupun dioles. Bagaimana dnegan isi kulkas Anda?

Baca juga:

Apa Sih Manfaat Makanan Fermentasi?

Infused Water, Cara Baru Menikmati Air Putih dengan Cara yang Menyenangkan

 Cara Mudah Memperbaiki Pola Makan Harian

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama

Sumber: duniafitnes.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment