Amankah Kebiasaan Menggeretakkan Jemari?

Menggeretakkan Jemari

Menggeretakkan Jemari amazinginfos

Umumnya orang menggeretakkan jemari karena merupakan kebiasaan sejak kecil. Ada juga yang melakukannya karena rasa bosan yang tengah melanda. Bagi sebagian orang aktivitas ini juga membuat seseorang merasa lebih nyaman sekaligus sebagai cara mudah menghilangkan rasa lelah. Menariknya lagi, ternyata ada pula orang yang sengaja melakukannya sebagai penutup sebuah rangkaian pemijatan. Bahkan bagi sebagian orang, jika belum mengeluarkan suara khas “krek”, hal ini akan diulangi hingga beberapa kali. Amankah kebiasaan menggeretakkan jemari ? Berikut penjelasannya.

Tumbuh beragam spekulasi terkait kebiasaan menggeretakkan jemari ini. Ada yang percaya bahwa hal ini dapat menimbulkan sejumlah gangguan kesehatan. Radang sendi misalnya. Namun kenyataannya para pakar menyatakan bahwa aktivitas yang terkadang menimbulkan perasaan sedikit menyakitkan ini seharusnya tidak berbahaya. Apalagi menjadi pemicu timbulnya rheumatoid arthritis (RA). Sebuah penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan pada lapisan sendi. Jaringan tubuh penderita RA akan diserang oleh sistem imunnya sendiri. Tak hanya itu, RA juga dapat mempengaruhi kulit, mata, paru-paru, jantung, darah ataupun saraf.

Menggeretakkan Jemari

Menggeretakkan Jemari butterbin

Namun demikian, jika menggeretakkan jemari sudah menimbulkan rasa sakit, alangkah baiknya jika Anda segera mengurangi atau bahkan menghindari kebiasaan ini. Bagaimanapun juga kebiasaan menggeretakkan jemari juga dapat menyebabkan beberapa hal yang kurang menyenangkan. Terjadinya pembengkakan dan berkurangnya kekuatan pegangan misalnya. Jika sinyal sakit telah datang, alihkan waktu Anda untuk melakukan refresh moment selain membuat bunyi pada jemari.

Terlepas dari dampak positif ataupun negatifnya, perlu diingat bahwasanya kebiasaan ini dapat membuat orang yang berada di sekitar Anda merasa kurang nyaman. Apalagi jika gertakan jemari yang Anda lakukan menimbulkan bunyi yang cukup keras. Meski tidak merugikan, namun kebiasaan menggeretakkan jemari juga tidak berarti membawa keuntungan yang menarik bukan? Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Fakta Menarik Tentang Decaf Coffee

Manfaat Minum Air Lemon Panas di Pagi Hari

Rahasia Makan Sehat di Luar Rumah

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.bidmc.org

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment