Agar Senantiasa Sehat Selama Menikmati Libur Lebaran

| Posted : 01 Jul 2016 | Berita Sehat, Tips Sehat No comments

Saat puasa Ramadhan tubuh dipaksa untuk membatasi porsi makanan yang akan dikonsumsi. Karena itulah agar aktivitas harian selama Ramadhan tetap berjalan lancar, orang yang sedang menjalankan puasa harus pintar-pintar dalam memilih menu untuk sahur dan berbuka. Tentu kebiasaan sehat tersebut hendaknya tidak hanya dilakukan saat puasa saja, namun tetap dipertahankan saat merayakan hari kemenangan hingga libur lebaran. Berikut beberapa tips sehat menghadapi lebaran yang cukup mudah dipraktekkan!

Tetap Batasi Jumlah Kalori

Ilustrasi Buka Puasa

Ilustrasi Buka Puasa www.naturaldelights.com

Setelah sebulan berpuasa, orang akan merayakan lebaran dengan berbagai cara. Salah satunya adalah menyediakan hidangan lezat yang tersedia dalam jumlah yang melimpah. Salah satu cara untuk membatasi asupan kalori dapat dilakukan dengan memperhatikan apa-apa yang harus dimakan. Perlu diingat bahwa selain ketupat opor, camilan seperti nastar, kastengel, cokelat, aneka keripik ataupun minuman manis juga merupakan sumber kalori. Jadi pintar-pintar membatasi diri merupakan cara terbaik untuk membatasi kalori di hari yang fitri.

Hindari Makan Terlalu banyak Lemak

Steak

Steak pixabay

Jika dibandingkan dnegan gula dan protein, lemak mengandung jumlah kalori yang paling tinggi. Padahal ketupat kerap disajikan dengan opor, rendang, sambal goreng hati ataupun lauk lain yang identik dengan santan dan lemak. Untuk mengurangi konsumsi lemak, Anda dapat membuang lemak dan mengurangi tingkat kekentalan santan yang digunakan. Namun membatasi makan tetap menjadi cara yang peliang efektif untuk mambatasi konsumsi lemak. Bagaimanapun juga terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak dapat membuat pencernaan menjadi kurang baik.

Jangan Lupa Makan Sayur

Salad

Salad pixabay

Untuk meminimalisir resiko sembelit, pastikan sayur teteap tersedia di meja makan Anda. Ada beberapa trik yang dapat dilakukan saat menyediakan sayuran sebagai hidangan saat lebaran. Selain untuk lalapan, Anda juga dapat menyulap sayuran menjadi hidangan menarik lainnya seperti lotek ataupun gado-gado. Karena saat lebaran banyak pasar tradisional yang tutup, maka pastikan Anda memiliki persediaan sayuran yang cukup memadai. Anda juga dapat menyediakan buah segar sebagai pencuci mulut usai makan besar. Untuk persediaan selama libur lebaran, Anda dapat memilih sayuran yang tahan lama seperti kecambah, brokoli, wortel, buncis, kacang panjang,terong atau yang lainnya.

Sediakan Persediaan Air Putih yang Memadai

Air Putih

Air Putih pixabay

Meski minuman manis kerap tersedia saat lebaran tiba, namun jangan lupa untuk tetap menjaga konsumsi air putih. Air putih merupakan salah satu komponen yang paling penting dalam mewujudkan gaya hidup yang sehat. Air juga sangat dibutuhkan dalam memproses kalori. Bahkan sedikit dehidrasi saja akan memperlambat metabolisme di dalam tubuh. Jika sukar mendapatkan air putih saat sialturahmi, Anda dapat membawa bekal air putih sendiri.

Baca juga:

Untuk Menjaga Kesehatan Kaki, Jangan Lupa Melakukan Perawatan Mudah Ini!

Pilihan Olahraga Selama Bulan Puasa

Pemicu Serangan Jantung di Usia Muda!

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.klikdokter.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment