Sering Merasa Kesemutan di Tangan dan Kaki ? Ini Penyebabnya !

| Posted : 26 Mar 2016 | Obat dan Penyakit No comments
Ilustrasi Kesemutan

Ilustrasi Kesemutan www.borderpodiatrycentre.com.au

Kesemutan merupakan salah satu gangguan yang kerap dirasakan banyak orang. Selain dapat terjadi di tangan, kesemutan juga kerap menyerang bagian kaki. Meski terkesan sepele, namun beberapa penyebab kesemutan ternyata merupakan penyakit yang mengerikan. Berikut informasi selengkapnya!

Saraf Terjepit

Ilustrasi Syaraf Kejepit

Ilustrasi Syaraf Kejepit meadows-chiro

Kesemutan dapat terjadi karena banyak sebab, salah satunya adalah terjadinya saraf yang terjepit. Kondisi ini bisa terjadi di bagian leher ataupun punggung. Saraf terjepit sendiri dapat terjadi karena beberapa hal, seperti cedera, postur tubuh yang kurang baik atau kondisi lain seperti arthritis. Selanjutnya, kondisi nyeri dan kesemutan ini dapat merambat dari leher ke lengan atau dari pinggung ke kaki.

Kekurangan Vitamin

Vitamin D

Vitamin D pixabay

Jika kesemutan terjadi pada kedua tangan Anda, bisa jadi hal ini disebabkan karena kekurangan vitamin B. Jika hal ini yang menjadi penyebabnya, bisa jadi Anda juga mengalami kondisi anemia yang dicirikan dengan tubuh yang terasa lelah dan lesu. Untuk memastikan penyebab kesemutan, Anda dapat melakukan tes darah.

Diabetes

Ilustrasi Obesitas

Ilustrasi Obesitas pixabay

Ternyata kondisi diabetes juga dapat menjadi salah satu penyebab kesemutan. Hal ini dapat terjadi karena kandungan gula yang tinggi dalam darah dapat berperan sebagai racun untuk syaraf. Kondisi ini dapat menyebabkan kesemutan yang bisa terjadi pada bagian tangan tauapun kaki.

Carpal Tunnel Syndrome

Ilustrasi Carpal Tunnel Syndrome

Ilustrasi Carpal Tunnel Syndrome www.coalcreekpt.com

Terlalu banyak mengetik atau melakukan kegiatan berulang ternyata dapat mengompresi syaraf yang berada di pergelangan tangan. Meski terlihat sepele, namun kegiatan berulang ini pada akhirnya dapat menyebabkan terjadinya kesemutan. Jika Anda mengalami hal serupa, ada baiknya jika Anda mulai berfikir untuk mengubah caca beraktivitas yang dilakukan sehari-hari.

Stenosis Tulang Belakang

Ilustrasi Stenosis Tulang Belakang

Ilustrasi Stenosis Tulang Belakang www.aans.org

Kondisi stenosis pada tulang belakang akan mengakibatkan penyempitan ruang-ruang di tulang belakang di leher atau tulang belakang. Lebih jauh lagi kondisi ini dapat memberikan tekanan pada sumsum tulang belakang ataupun akar saraf sehingga menyebabkan sensasi kesemutan, baik pada tangan ataupun kaki.

Hypothyroidism

Ilustrasi Hypothyroidism

Ilustrasi Hypothyroidism www.medicalnewstoday.com

Kondisi hypothyroidism dapat mengakibatkan berbagai gangguan seperti kesemutan, kelelahan, kepekaan terhadap kondisi dingin, penurunan berat badan, kulit kering ataupun kerontokan rambut. Berbagai gangguan di balik kesemutan ini sebaiknya segera dikonsultasikan dengan pihak medis yang dipercaya.

Baca juga:

Manfaat Kaldu Tulang Bagi Kesehatan

Hindari Menaruh HP di Sekitar Tulang Selangka Ya!

Pilihan Makanan Tinggi Kalsium Selain Susu

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.prevention.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment