Pengetahuan Wajib Terkait Human Pavilloma Virus (HPV)

| Posted : 27 Feb 2015 | Obat dan Penyakit No comments
HPV

HPV soundprint.org

Seiring dengan perkembangan teknologi, sebaiknya update informasi terkait kesehatan sudah sepatutnya ikut diperbaharui. Begitu pula dengan informasi yang satu ini, Human Pavilloma Virus atau yang dikenal dengan singkatan HPV. Seperti yang telah banyak diketahui, HPV merupakan salah satu momok mengerikan bagi kaum hawa. Bagaimana tidak, HPV merupakan jenis virus penyebab utama terjadinya kanker serviks. Penyakit kanker serviks sendiri ditengarai sebagai penyakit paling mematikan pada wanita.

Infeksi HPV merupakan salah satu penyebab yang umum dijumpai dalam penyakit menular seksual atau PMS, penyebab utama kanker serviks dan sering pula dihubungkan dengan beberapa jenis kanker lainnya. Hasil riset dari WHO menyatakan bahwa sekitar 90% penyebab kanker serviks adalah HPV. Proses terbentuknya sel normal menjadi sel ganas pada mulut rahim bisa diakibatkan oleh paparan radikal bebas. Paparan ini dapat mengubah materi genetika dari sel rahim atau sel serviks yang seharusnya berbentuk licin dan pipih hingga berubah bentuk menjadi abnormal. Perkembangan sel abnormal inilah yang dapat membesar hingga menutupi mulut rahim.

HPV

HPV www.health24.com

Selain karena radikal bebas, HPV dapat ditularkan melalui seks bebas ataupun seks yang tidak sehat. Tak hanya itu, hubungan sex yang dilakukan dibawah usia 18 tahun juga dapat menjadi salah satu faktor penularan virus HPV. Selain itu, penularan HPV juga dapat terjadi akibat kebersihan daerah kewanitaan yang tidak terjaga. Oleh karena itulah area kewanitaan perlu dijaga kebersihannya setiap hari, apalagi jika tengah mengalami masa haid. So, jangan pernah malas untuk mengganti pembalut saat telah merasa risih ya ladies!

Selain itu masih banyak fakta yang perlu diketahui terkait HPV. Salah satunya adalah sifat dari HPV sendiri. Hingga kini, terdapat sekitar 130 tipe HPV yang sudah berhasil diidentifikasi. Bahkan lebih dari 30 tipe HPV ditularkan melalui hunungan seksual dan menginfeksi daerah anogenital, yaitu dubur dan alat kelamin. Meski dikenal sebagai salah satu penyebab utama kanker serviks, ternyata HPV tidak hanya dapat menyerang pada wanita saja, namun dapat pula menyerang laki-laki. Nah terkait kanker serviks, satu hal yang perlu diketahui bahwasanya gejala awal penyakit mematikan yang satu ini tidak menunjukkan gejala yang signifikan. Salah satu cara terbaik adalah melakukan general check up ataupun konsultasi dengan dokter. Jika telah menikah, salah satu metode pemeriksaan yang dilakukan adalah pap smear. Semoga bermanfaat!

Baca pula:

Alternatif Mengurangi Nyeri Saat Haid

Mengenal Mammogram, Tes Kesehatan Payudara

Ayo Lakukan SADARI, Gerakan Periksa Payudara Sendiri

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: indramuhtadi.com dan drozindonesiatranstv.blogspot.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment