Beranda Info 10 Makanan Wajib di Bali yang Kamu Harus Coba Jika liburan ke Pulau Dewata!

10 Makanan Wajib di Bali yang Kamu Harus Coba Jika liburan ke Pulau Dewata!

0

Makanan Wajib di Bali – Bali adalah surga wisata bagi para pecinta kuliner. Pulau yang indah ini tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan tetapi juga keanekaragaman kuliner yang menggugah selera. Jika kamu berkunjung ke Bali, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba makanan khasnya yang lezat dan menggoda serta pilih paket tour bali sebagai solusi liburan Anda kali ini. 

Makanan Wajib di Bali yang Kamu Harus Coba

Berikut ini adalah sepuluh Khas makanan wajib di Bali yang harus kamu coba:

1. Nasi Campur Bali

Nasi Campur Bali merupakan hidangan khas Bali yang sangat enak dengan kombinasi berbagai lauk dan sambal yang menggoda selera, menyatu dengan indah di atas nasi putih. Setiap hidangan nasi campur menghadirkan kekayaan cita rasa, mulai dari gurihnya daging sapi, kelezatan daging babi, keempukan ayam, hingga keharuman telur yang lezat. 

Tidak hanya itu, kehadiran kacang panjang, mentimun segar, dan kacang gurih memberikan sentuhan segar dan tekstur yang menyenangkan dalam setiap suapan. Jangan lupakan sejumput krupuk yang menyempurnakan pengalaman makan ini dan ini merupakan makanan wajib di bali yang harus kamu coba. 

Semua bahan makanan tersebut dihidangkan dengan penuh keceriaan dan keindahan warna, mencerminkan kekayaan budaya Bali yang unik dan Indah. Nasi Campur Bali tak hanya menyenangkan lidah, tetapi juga memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan bagi siapapun yang mencobanya.

2. Babi Guling

Babi Guling adalah hidangan daging babi yang dipanggang secara tradisional dan menjadi hidangan utama dalam upacara adat Bali. Proses persiapan babi guling yang memakan waktu dan perhatian menyebabkan hidangan ini memiliki cita rasa yang khas dan tekstur daging yang lembut.

3. Ayam Betutu

Ayam Betutu adalah salah satu hidangan khas Bali yang mengundang selera dengan aroma dan citarasa yang khas. Proses memasaknya sangat istimewa, di mana ayam dibumbui dengan rempah-rempah pilihan khas Bali yang menghasilkan paduan rasa yang unik dan menggugah selera. 

Sebelum dipanggang, ayam yang telah meresap bumbu tersebut kemudian dibungkus dengan cermat menggunakan daun pisang. Teknik ini memungkinkan proses memasak berlangsung dengan lambat dan tertutup, sehingga bumbu dapat meresap ke dalam daging ayam sampai ke tulang-tulangnya.

Akibat dari proses memasak yang lambat dan tertutup ini, daging ayam menjadi sangat empuk dan lembut, sehingga meleleh di mulut dengan setiap gigitan. Bumbu rempah-rempah yang meresap hingga ke dalam daging memberikan sensasi cita rasa yang menyeluruh, memberikan kombinasi rasa pedas, manis, dan gurih. 

4. Lawar

Lawar adalah hidangan tradisional khas Bali yang memiliki nilai budaya dan cita rasa yang sangat khas. Hidangan ini terdiri dari campuran daging cincang, seperti babi, ayam, atau bebek, yang dicampur dengan kelapa parut segar dan berbagai rempah-rempah pilihan. Proses pembuatannya memerlukan ketelatenan dan keahlian dalam mengatur proporsi bumbu sehingga menghasilkan harmoni cita rasa yang lezat.

Keunikan Lawar terletak pada perpaduan antara rasa gurih dari daging cincang dan kelapa parut yang lembut, dipadukan dengan sensasi pedas dan aromatik dari rempah-rempah yang digunakan. Setiap suapan Lawar menghadirkan kelezatan yang menggoda lidah dan mengingatkan kita akan kekayaan rempah-rempah Indonesia.

5. Sambal Matah

Sambal Matah adalah salah satu sambal khas Bali yang terbuat dari bawang merah, bawang putih, cabai rawit, serai, daun jeruk, dan minyak kelapa. Sambal ini memiliki rasa segar dan pedas yang menyegarkan, cocok untuk dinikmati dengan berbagai hidangan. 

6. Sate Lilit

Sate Lilit adalah sate khas Bali yang dibuat dengan daging ikan cincang yang dililitkan pada sebatang serai atau bambu sebelum dipanggang. Hidangan ini memiliki cita rasa laut yang khas dan merupakan pilihan yang sempurna bagi para pecinta makanan laut.

7. Bebek Goreng

Bebek Goreng adalah hidangan bebek goreng khas Bali yang memiliki kulit renyah dan daging yang lembut. Bebek ini dimasak dengan rempah-rempah khas Bali dan sering disajikan dengan nasi putih, sambal, dan plecing kangkung.

8. Sate Babi

Sate Babi adalah sate yang terbuat dari daging babi dan disajikan dengan bumbu kacang yang kaya rasa. Sate ini sangat populer di Bali dan sering dijumpai di warung-warung atau restoran lokal.

9. Rujak Kuah Pindang

Makanan wajib di bali selanjutnya adalah Rujak Kuah Pindang merupakan hidangan rujak khas Bali yang berbeda dari rujak pada umumnya. Buah-buahan segar disajikan dengan kuah pindang yang terbuat dari campuran rempah-rempah, tamarind, dan gula. Rasanya yang unik dan segar membuatnya menjadi hidangan penutup yang sempurna.

10. Nasi Tepeng

Nasi Tepeng adalah hidangan nasi khas Bali yang dimasak dengan cara tradisional menggunakan bambu. Nasi dicampur dengan berbagai bahan seperti kelapa parut, ikan, dan rempah-rempah, lalu dimasak dalam bambu hingga matang. Hidangan ini memiliki rasa yang asli dan kaya rempah.

Penutup

Dengan mencoba sepuluh makanan wajib di Bali di atas, kamu akan merasakan keanekaragaman rasa dan kelezatan kuliner Bali. Jangan lupa untuk mengunjungi warung-warung lokal yang menyajikan makanan-makanan tradisional ini agar pengalaman kuliner di Bali semakin lengkap!

Baca Juga: Wisata Air Terjun Di Jepara, Indah Dan Alami