Mengatasi Kerontokan Rambut dengan Minyak Kemiri Alami

| Posted : 10 Jul 2015 | Kecantikan No comments
Kemiri

Kemiri herbies.com.au

Sebagai mahkota kepala, tentu tidak ada yang menginginkan kerontokan rambut. Pada dasarnya ada dua tipe kerontokan rambut yaitu rontok yang tidak berbahaya dan rontok yang wajib diwaspadai. Jenis rontok yang pertama adalah kerontokan rambut yang diimbangi dengan munculnya folikel-folikel baru. Sedangkan rontok yang wajib diwaspadai adalah jenis kerontokan rambut yang tidak diimbangi dengan munculnya folikel baru.

Jika rambut seseorang mengalami kerontokan yang tidak diimbangi dengan pertumbuhan rambut baru tentu dapat menyebabkan kebotakan. Apalagi jika kerontokan berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Menghitung jumlah kerontokan rambut saat bangun tidur merupakan cara termudah untuk mengetahui tipe kerontokan rambut, berbahaya atau tidak. Jika rambut yang rontok melebihi 5 helai per hari, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.

Seiring dengan perkembangan teknologi, kini terdapat beragam solusi yang menarik untuk mengatasi masalah kerontokan rambut. Minyak kemiri misalnya. Kemiri merupakan salah satu rempah yang banyak ditemukan di Indonesia. Selain dikenal sebagai penambah rasa gurih pada makanan, kemiri juga ditengarai sebagai salah satu solusi mengatasi masalah kerontokan rambut. Kandungan vitamin A, C , E dan asam amino pada  minyak kemiri ditengarai mampu menumbuhkan kembali rambut yang rontok.

Karena manfaatnya inilah kemiri kerap dijadikan sebagai salah satu komposisi sampo ataupun produk perawatan rambut lainnya. Salah satu yang banyak diminati adalah minyak kemiri. Sesuai dengan perkembangan teknologi, kini banyak tersedia minyak kemiri dalam kemasan. Namun demikian, ada pula orang yang lebih menyukai minyak kemiri yang dibuat sendiri.

Jika tertarik membuat minyak kemiri sendiri, cukup ambil 5 hingga 6 buah kemiri. Setelah dibersihkan dan dikupas, haluskan kemiri dengan menggunakan blender. Untuk memudahkan proses pemblenderan Anda dapat mencampurkannya dengan sedikit air. Setelah itu ambil air perasannya saja lalu diamkan selama 24 jam. Selanjutnya masaklah air perasan tersebut hingga muncul minyak kemiri. Anda dapat menggunakannya sekali seminggu. Sebelum keramas oleskan minyak lalu diamkan selama satu jam.

Ilustrasi Minyak Kemiri

Ilustrasi Minyak Kemiri primaadvertaising.indonetwork

Oiya, berita kemiri dapat menghitamkan rambut itu hanya mitos belaka. Manfaat minyak kemiri lebih pada menyehtakan rambut dan folikel rambut. Namun demikian kerontokan rambut yang disebabkan oleh penyakit tidak dapat disembuhkan dengan minyak kemiri. Kerontokan rambut yang disebabkan oleh penyakit tertentu seperti androgenetic alopecia dan alopecia areata. Androgenetic alopecia merupakan kerontokan yang disebabkan oleh hormon, sedangkan alopecia areata kerontokan yang disebabkan oleh penyakit autoimun. Bagaimana dengan kesehatan rambut Anda?

Baca juga:

Tips Membersihkan Sisir dan Alat Perawatan Rambut Lainnya

Hair Product yang Sebaiknya Dihindari

Ternyata Menyisir Rambut Ada Aturannya Lho!

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: drozindonesiatranstv.blogspot.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment