Cara Praktis dan Alami untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah

| Posted : 24 Feb 2015 | Kecantikan No comments

Anda gusar dengan kondisi wajah Anda yang berpori-pori besar? Ada cara-cara tradisional untuk mengecilkannya. Berikut ada tips singkat tentang cara praktis dan alami untuk mengecilkan pori-pori wajah.

mengecilkan pori

mengecilkan pori hutamii22.blogspot

Cara termudah pertama adalah membersihkan wajah secara rutin setiap hari. Dengan kebersihan wajah yang terjaga dengan baik, maka kulit bisa bebas dari debu dan polusi, juga dari sisa-sisa pemakaian produk kecantikan. Cara kedua, ialah dengan melakukan eksfoliasi yaitu mengangkat atau membersihkan kulit mati sehingga menjadi terlihat lebih sehat. Anda dapat menggunakan produk yang mengandung bahan asam salisilat dengan memakai scrub untuk mengangkat dan membersihkan sel-sel kulit mati, bakteri, dan minyak berlebih dari wajah Anda.

Cara ketiga, ialah dengan melindungi kulit dari sengatan matahari. Agar pori-pori tidak membesar karena paparan sinar matahari maka dengan jalan membersihkan minyak berlebih dari kulit adalah jalan terbaik. Gunakanlah tisu atau kertas, kemudian tempelkan pada wajah Anda ketika berkeringat. Kedua bahan tersebut dapat menyerap keringat Anda.

Tomat

Tomat sabunherbaldejavusoap.blogspot

Selain ketiga cara praktis di atas, ada bahan-bahan alami yang dapat membantu Anda dalam  merawat wajah. Bahan-bahan alami tersebut seperti tomat, lemon dan madu, es batu, pepaya, yoghurt, dan lain-lain.

Gunakan tomat sebagai masker. Sediakan 1-2 buah tomat, sebelumnya cuci dulu sampai bersih. Belah buah tomat menjadi dua bagian kemudian haluskan menggunakan blender. Sebelum menggunakan tomat sebagai masker, Anda harus memastikan wajah Anda sudah bersih dari make-up, debu, dan polusi. Setelah yakin bersih, oleskan masker buah tomat pada wajah Anda hingga merata. Biarkan masker selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu bersihkan dengan air hangat, lakukan secara rutin 3 kali dalam seminggu, sampai Anda mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

mengecilkan pori-pori

mengecilkan pori-pori lintas.me

Es Batu, Anda dapat menggunakannya juga dengan cara menggosok-gosokkan es batu pada bagian kulit yang pori-porinya membesar. Cukup mudah bukan? Kalau Anda merasa kesulitan menggunakan es batu dan lebih mudah menggunakan lemon dan madu, maka gunakan lemon dan madu saja. Lemon dan madu dapat membantu Anda mengecilkan pori-pori wajah dengan cara peras buah lemon dan campur dengan madu. Oleskan campuran tersebut pada kulit, kemudian biarkan selama 20 menit.  Setelah itu baru cuci dengan air hangat dan bersihkan. Enzim alami dalam madu dan sifat asam dari jus lemon sangat efektif untuk mengecilkan pori-pori sekaligus dapat mengencangkan kulit.

lemon

lemon manfaatkhasiat

Anda bilang pepaya lebih mudah ditemukan di rumah? Tenang, pepaya juga dapat membantu mengecilkan pori-pori, caranya hancurkan beberapa potong buah pepaya yang sudah matang sampai halus kemudian gunakan itu sebagai masker wajah. Pepaya memiliki sifat pengelupasan kulit yang sangat baik sehingga dapat memberantas pori-pori besar dan menghilangkan komedo. Akan tetapi, kalau Anda merasa lebih asik menggunakan yoghurt, lakukan dengan cara siapkan tiga sendok makan yoghurt dalam mangkuk dan oleskan langsung ke wajah Anda. biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat. Asam laktat dalam yoghurt dapat membantu mengurangi ukuran pori-pori. Selamat mencoba!

Artikel terkait:

Manfaat apel dalam mencegah berbagai macam penyakit

Bahaya kafein untuk kesehatan tubuh dan mental

Tips agar Anda hebat di ranjang

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: Viva.co.id

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment