Madu, Manis dan Kaya Manfaat

| Posted : 31 Oct 2013 | Gizi dan Makanan No comments

50 maduSaat ini madu tidak hanya dikonsumsi langsung. Cairan manis ini banyak digunakan sebagai tambahan dalam berbagai produk makanan seperti biskuit, susu, suplemen makanan, bubur bayi, dan sebagainya. Makanan yang dihasilkan oleh lebah ini juga lazim ditemui dalam produk-produk kecantikan seperti sabun dan body lotion.

Sebenarnya apa kelebihan madu sehingga digunakan tidak hanya sebagai pemanis makanan? Berikut ulasannya.

Madu merupakan cairan manis yang dihasilkan oleh lebah madu. Serangga tersebut menyerap nektar-nektar bunga sebagai bahan baku madu. Pemanfaatan madu telah ada sejak ribuan tahun lalu. Empat ribu tahun lalu, makanan yang dalam Bahasa Inggris disebut honey ini dimanfaatkan sebagai obat tradisional Ayurvedic. Pemanfaatan madu sebagai obat juga telah dilakukan oleh masyarakat Mesir kuno sejak lima ribu tahun lalu. Bangsa Yunani percaya bahwa mengkonsumsi madu dapat membuat umur mereka lebih panjang. Bagi kaum muslim, madu merupakan salah satu obat penyembuh seperti tertera dalam Al Quran.

50 lebah maduMadu bermanfaat untuk menjaga keseimbangan dalam tubuh. Khasiat ini dibuktikan oleh penelitian yang diterbitkan oleh British Medical Journal. Penelitian tersebut menyatakan bahwa madu 125,9 kali lebih kental dibanding cairan dalam suhu tubuh (37 derajat) sehingga mampu mencegah GERD (Gastroesophageal reflux).

Berbagai penelitian ilmiah telah membuktikan khasiat cairan manis yang dihasilkan lebah itu. Para peneliti dari Academic Medical Center, University of Amsterdam membuktikan bahwa madu mencegah pertumbuhan bakteri. Hal ini karena madu mengandung protein bernama defensin-1.  Madu mengandung antioksidan yang sangat kuat sehingga mampu menangkal radikal bebas. Anda dapat memperoleh manfaat pinocembrin karena antioksidan hanya dapat ditemukan dalam madu.

50 madu sarang tawonCairan manis yang berasal dari lebah tersebut juga sangat ampuh untuk menyembuhkan luka. Kandungan oksidase glukosa madu akan diubah menjadi hidrogen peroksida yang bersifat antiseptik. Propolis, enzim, serta vitamin dalam madu dapat merangsang pertumbuhan jaringan baru sehingga dapat diaplikasikan pada berbagai jenis luka termasuk luka bakar. Asam glukonat dalam madu juga bermanfaat untuk regenerasi kulit, mengurangi keriput, menyeimbangkan kadar minyak, serta meningkatkan elastisitas kulit.

Saat musim pancaroba seperti sekarang, sebaiknya sediakan madu di rumah Anda. The Guardian melaporkan bahwa cairan manis yang diambil dari sarang tawon ini mampu mengobati sekaligus mengurangi frekuensi batuk. Madu juga merupakan obat efektif untuk pilek, flu, dan infeksi saluran pernapasan. Studi di Bulgaria telah membuktikan bahwa madu juga bermanfaat bagi penderita bronkitis kronis, bronkitis asma, rinitis kronis, alergi, dan sinusitis.

50 madu lebahSelain beberapa kegunaan di atas, madu sangat baik dikonsumsi karena mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh Anda. Berikut daftar nilai gizi yang terkandung dalam setiap 100 gram madu.

Energi 304 kcal Vitamin B6 0.024 mg (2%)
Karbohidrat 82.4 g Folat (Vit. B9) 2 mg (1%)
Gula 82.12 g Vitamin C 0.5 mg (1%)
Serat 0.2 g Kalsium 6 mg (1%)
Lemak 0 g Besi 0.42 mg (3%)
Protein 0.3 g Magnesium 2 mg (1%)
Air 17.10 g Fosfor 4 mg (1%)
Riboflavin (Vit. B2) 0.038 mg (3%) Potasium 52 mg (1%)
Niacin (Vit. B3) 0.121 mg (1%) Sodium 4 mg (0%)
Asam Pantotenat (Vit. B5) 0.068 mg (1%) Zinc 0.22 mg (2%)

Sebagai pemanis, madu lebih aman dibanding gula karena merupakan pemanis alami. Meski terasa lebih manis dibandingkan gula, madu memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga cocok bagi penderita diabetes ataupun Anda yang ingin terhindar dari penyakit tersebut. Anda yang sedang menjalani program diet juga dapat memilih madu sebagai pemanis alternatif karena madu dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Pilihlah madu yang berwarna gelap karena kandungan nutrisinya jauh lebih tinggi dibandingkan madu yang berwarna terang.

Baca juga :

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Manfaat Coklat bagi Kesehatan

Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber :

www.medicalnewstoday.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment