Mewaspadai Dehidrasi Ketika Musim Hujan

| Posted : 08 Nov 2013 | Berita Sehat No comments

8 rainy dayMemasuki musim penghujan seperti sekarang, Anda tidak hanya harus menjaga stamina agar tidak rentan sakit. Cuaca yang dingin pada musim penghujan juga meningkatkan resiko dehidrasi. Mengapa hal tersebut dapat terjadi?

Professor Robert Kenefick dari University of New Hampshire menyatakan pada saat cuaca menjadi dingin orang cenderung tidak merasa haus. Hal tersebut mengurangi jumlah air yang masuk dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan dehidrasi.

8 breath-20121213-092323Ketika musim dingin, badan kita bekerja lebih keras untuk menyeimbangkan kondisi tubuh dengan suhu udara. Tubuh menjadi kehilangan banyak cairan melalui pernapasan. Selain itu air juga keluar melalui kelenjar keringat akibat tekanan pakaian tebal yang biasa dikenakan. Namun keringat yang mengalir kerap kali tidak disadari karena keringat cepat menguap dalam udara dingin yang kering. Hal ini berpengaruh pada keseimbangan air dalam tubuh.

Keseimbangan cairan dalam tubuh sering bergantung pada stimulasi rasa haus. Hilangnya cairan tubuh memicu rasa haus yang lebih besar ketika cuaca panas. Respon tubuh yang berbeda terjadi saat suhu udara menurun. Ketika hawa dingin, orang cenderung tidak merasa haus padahal asupan air yang diperlukan justru lebih banyak apalagi bila berada di luar ruangan.

8 bodyStimulasi rasa haus dipengaruhi oleh hormon pengatur cairan seperti plasma argentine vasopressin (AVP). Ketika tubuh kehilangan cairan, kadar sodium dalam darah meningkat. Hal ini menyebabkan volume darah menurun secara keseluruhan. Hal ini memicu hypothalamus mengeluarkan hormon AVP sehingga memperlambat kerja ginjal memproduksi urin. Pada saat yang sama, hypothalamus mengirim sinyal ke otak untuk membuat rasa haus.

Seperti diketahui, dua per tiga tubuh manusia terdiri atas cairan. Hilangnya cairan tubuh, meski hanya 3% atau 8% saja, dapat menyebabkan dehidrasi. Berbeda dengan peningkatan suhu yang membuat kita selalu merasa haus, cuaca dingin justru membuat orang lupa minum. Hal ini sesuai dengan penelitian Kenefick yang dipublikasikan dalam jurnal Medicine & Science dalam Sports & Exercise bahwa suhu dingin mengubah sensasi rasa haus.

Dehydration concept.Ketika suhu dingin, tubuh menurunkan aliran darah ke sekeliling tubuh untuk menguragi turunnya suhu tubuh. Penelitian professor dari UNH tersebut juga menemukan bahwa pada saat suhu menurun, volume darah pada inti tubuh justru meningkat sehingga otak tidak mendeteksi adanya penurunan volume darah. Hal ini tentu tidak memicu hypothalamus memproduksi AVP serta mengirim sinyal haus ke otak. Akibatnya rasa haus berkurang hingga 40%.

Jika tidak merasa haus, otomatis tubuh tidak merasa perlu menambah asupan minum sehingga terjadi dehidrasi.Dehidrasi adalah gangguan dalam keseimbangan cairan tubuh. Gangguan tersebut terjadi karena jumlah air yang dikeluarkan tubuh lebih banyak dibandingkan asupan air yang diterimanya.

8 drinkwater_2062188bDehidrasi terbagi menjadi tiga tingkatan dengan gejala yang bebeda. Dehidrasi ringan ditandai dengan merasa haus, bibir kering, tenggorokan kering, kulit kering, dan sakit kepala. Dehidrasi sedang memiliki gejala pusing, denyut nadi meningkat, tekanan darah menurun, lemah, urine kental (warna kuning), dan volume urine sedikit. Sedangkan dehidrasi berat, ditandai oleh adanya kram otot, lidah bengkak, sirkulasi darah memburuk, fisik lemah, penurunan fungsi ginjal, bahkan pingsan.

Jadi jangan abaikan rasa haus yang selalu dikirimkan otak kita. Ketika suhu udara dingin, tetap jaga asupan air ke tubuh agar tidak terjadi dehidrasi.

Baca juga :

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Manfaat Coklat bagi Kesehatan

Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber :

http://www.unh.edu/

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment