Mengenal Diet Bebas Gluten

www.precisionnutrition.com

www.precisionnutrition.com

Gluten merupakan protein yang ditemukan dalam biji-bijian seperti gandum, barley dan rye. Bagi orang yang memiliki penyakit celiac, protein dapat menyebabkan peradangan di usus kecil yang dapat merusak lapisan dalam usus kecil, juga dapat meyebabkan malabsorbsi mineral dan nutrisi sehingga dapat mengakibatkan penurunan berat badan, diare, sembelit dan beberapa gejala lainnya. Bagi orang yang memiliki gluten-sensitive, mengkonsumsi makanan yang mengandung gluten juga dapat menyebabkan diare, sembelit dan gangguan pencernaan lainnya. Diet bebas gluten juga disarankan oleh health care professionals untuk treatment bagi penderita celiac ataupun mereka yang memiliki sensitivitas gluten.

Oleh karena hal inilah gluten free diet dirancang, yang tidak lain untuk membantu orang yang tubuhnya tidak dapat mentolerir protein gluten. Menurut penelitian diet jenis ini dapat beresiko pada kekurangan serat, zat besi, folat, niacin, tiamin, kalsium, vitamin B12, fosfor dan seng. Inilah seabbnya diet bebas glutein tidak dianjurkan bagi orang yang tidak memiliki penyakit celiac ataupun sensitif terhadap gluten. Jadi jangan langsung ingin mencoba jika Anda mendengar diet jenis baru ya ladies!

stajedemo.com

stajedemo.com

Lalu bagaimana cara melakukan diet bebas gluten? Mudah, yang dilakukan hanya dengan tidak mengkonsumsi produk makanan yang mengandung gluten. Cara termudahnya adalah melihat kemasan dalam beragam makanan yang dikonsumsi apakah sudah free gluten atau belum. Perhatikan pula makanan yang mengandung malt, malt flavoring ataupun malt vinegar.Makanan yang diperbolehkan untuk dikonsumsi adalah sayur dan buah segar, daging segar, unggas, ikan, telur, susu, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Untuk beberapa jenis biji-bijian dan pati, dapat dikonsumsi selama melakukan glutein fre diet dengan catatan dalam proses pengolahannya mereka tidak dicampurkan denganĀ  dengan biji-bijian yang mengandung gluten, zat aditif ataupun pengawet. Perlu diketahui beras, kentang, jagung, kedelai, kacang dan almont termasuk dalam gluten-free flours. Beberapa jenis makanan populer lainnya yang dapat dikonsumsi saat mengikuti glutein free diet adalah soba, jagung, tepung jagung, bubur jagung, quinoa dan tapioka. Semoga bermanfaat. Keep healthy readers!

Baca juga:

Beragam Manfaat Bunga Mawar Untuk Menjaga Kecantikan

Cemal-Cemil Buah Naga, si Lezat Yang Kaya Manfaat

Yuk Jadi Vegetarian Agar Terhindar Dari Berbagai Macam Penyakit

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: healthywomen.org

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment