Aneka Cara Alami untuk Menurunkan Tekanan Darah

Hangrip

Hangrip healthyliving.azcentral.com

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyakit yang cukup disegani. Selain mengatur pola makan dan juga melakukan olahraga, ternyata ada beberapa cara alami yang bermanfaat untuk menurunkan hipertensi. Bagaimanapun hipertensi dapat menyebabkan datangnya penyakit yang lebih vital seperti resiko terkena serangan jantung, terganggunya suplai darah ke otak hingga kerusakan ginjal.

Terkait hal ini, sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh American Heart Association mengemukakan adanya ribuan hasil studi yang menemukan adanya terapi tekanan darah tanpa melibatkan obat ataupun perubahan pola makan. Hal ini tentu merupakan salah satu penelitian yang sangat menarik. Bagaimanapun juga bagi sebagian orang diet garam merupakan salah satu hal yang sulit untuk dilakukan.

Menariknya lagi Anda tidak memerlukan waktu yang lama untuk melakukan latihan ini. Cukup dua menit saja lalu diikuti dengan istirahat selama beberapa menit. Anda dapat melakukan latihan selama 12 hingga 15 menit saja, tiga kali seminggu. Karena peralatan yang dibawa cukup ringan, Anda juga dapat membawanya saat berangkat bekerja. Latihan hangrip juga merupakan salah satu aktivitas yang dapat dilakukan untuk mengusir kebosanan saat berada di dalam kantor.

Selain itu orang yang melakukan sesi pernafasan selama 4 hingga 15 menit menggunakan mesin khusus (resperate) juga memberikan hasil yang positif. Dengan melakukan pernafasan yang rileks, lebih lambat dan mengambil nafas dalam-dalam dapat sistem syaraf pusat sehingga dapat merelaksasi pembuluh darah. Hal ini bermanfaat untuk memudahkan aliran darah dan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Meski demikian, belum ada data yang pasti yang menunjukkan bahwa mengambil nafas dalam-dalam dapat menurunkan tekanan darah atau tidak.

Ilustrasi Meditasi

Ilustrasi Meditasi pixabay

Selanjutnya ada meditasi. Meski belum mengetaui secara pasti penyebabnya, namun peneliti berfikir meditasi dapat mengurangi stres. Pada akhirnya meditasi dapat membantu menyeimbangkan saraf otonom, saraf yang bertanggungjawab untuk membantu tubuh untuk menjaga tekanan darah dalam kondisi yang normal. Bagaimana dengan pengalaman Anda?

Baca juga:

Penyebab Tekanan Darah Rendah

Waktu Istirahat Ideal Ketika Melakukan Latihan

Beragam Manfaat Saat Berkeringat

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.prevention.com dan www.resperate.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment