10 Keuntungan Minum Air Mineral

| Posted : 02 Dec 2013 | Berita Sehat No comments

55 mineral-water-japanese-soul-water-medium-87163Beberapa penelitian ilmiah menunjukan bahwa minum air mineral setiap hari memiliki pengaruh positif terhadap kesehatan tubuh. Manfaat tersebut terkait dengan kandungan mineral dalam air yang biasa dikonsumsi misalnya zat besi, kalsium, serta magnesium. Akan lebih baik lagi jika air mineral yang Anda konsumsi bebas dari pengawet serta bahan kimia lain. Berikut sepuluh keuntungan yang Anda dapatkan jika rajin mengkonsumsi air mineral.

Yang pertama, air mineral adalah cara murah dan mudah untuk menurunkan berat badan. Air mineral tidak mengandung kalori dan lemak yang menyebabkan kegemukan. Kebanyakan pelaku diet lupa mempertimbangkan kandungan kalori dalam minuman yang mereka konsumsi seperti soda atau jus. Mayo Klinik di Arizona menyebutkan bahwa mengurangi kalori pada minuman memberikan efek yang lebih signifikan pada proses penurunan berat badan dibanding mengurangi asupan kalori dari makanan.

Kedua, air mineral meningkatkan kesehatan tulang. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah populer menyebutkan bahwa kandungan kalsium dalam air mineral penting untuk mempertahannnkan kepadatan tulang sekaligus mencegah resiko penyakit tulang seperti osteoporosis.

Ketiga, mengkonsumsi air mineral menjaga tekanan darah. Hal ini karena air mineral mengandung magnesium. Sebuah studi kesehatan menyatakan bahwa pasien hipertensi yang mengkonsusmsi satu liter air mineral menunjukan penurunan tekanan darah yang signifikan dari waktu ke waktu.

55 mineralwaterMengkonsumsi air mineral juga menurunkan resiko terserang penyakit jantung. Manfaat keempat ini dibuktikan dengan penelitian yang menyatakan bahwa air mineral mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL. Kolesterol jahat merupakan salah satu penyebab penyakit jantung. Selain itu, kandungan kalium dan magnesium dalam air mineral juga membantu memelihara kesehatan jantung.

Keenam, air mineral membantu proses pencernaan. Air mineral merupakan sumber sulfat yang bermanfaat untuk proses pencernaan.sulfat merangsang pankreas menghasilkan enzim amilase, protease, dan lipase sehingga makanan dapat dicerna dengan baik. Kadar sulfat yang rendah dalam tubuh menyebabkan pencernaan terganggu misalnya mengalami perut kembung, sembelit, atau diare.

Manfaat ketujuh dari air mineral adalah menjaga keseimbangan elektrolit. Elektrolit adalah garam (bikarbonat , klorida , kalium, dan natrium) yang berperan untuk mencegah dehidrasi. Aneka jenis garam tersebut membantu sel-sel tubuh menyerap air agar kadar air dalam tubuh tetap seimbang.

Kedelapan, air mineral penting untuk mengurangi resiko batu ginjal. Masalah ginjal terjadi karena pembantukan batu ginjal dari kalsium dan oksalat. Dengan mengkonsumsi cukup air mineral, tubuh akan mendapatkan magnesium yang berguna untuk menurunkan konsentrasi kalsium oksalat. Studi lain menyebutkan bahwa mengkonsumsi air mineral tidak hanya menurunkan resiko batu ginjal tetapi juga resiko asam urat.

55 woman_drinking_water_640Selanjutnya, air mineral berguna untuk menjaga kesehatan dan keindahan kulit. Air mineral mengandung banyak silika yang menguatkan spongy cells sekaligus memperlambat pembentukan keriput. Air mineral memiliki efek yang lebih baik untuk membersihkan wajah dibanding air keran.

Yang kesepuluh, air mineral penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Air mineral mampu meluruhkan racun yang ada dalam tubuh. Beberapa jenis air mineral juga memiliki efek terapi untuk meringankan atau menyembuhkan beberapa penyakit kronis. Air mineral juga membantu meringankan rasa sakit atau nyeri karena rematik dan radang sendi. Selain itu, air mineral bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan pada otot atau sendi.

Dalam memilih air mineral, hal pertama yang harus diperhatikan adalah kandungan garam mineralnya. Kelebihan garam mineral dapat berpengaruh negatif terutama pada penderita tekanan darah tinggi. Bila Anda memiliki riwayat hipertensi, sebaiknya pilih air mineral yang rendah sodium. Ibu hamil juga disarankan tidak terlalu banyak mengkonsumsi air mineral karena kadar garam dalam minuman tersebut beresiko meningkatkan tekanan darah. Tekanan darah pada wanita hamil dapat menyebabkan komplikasi kesehatan.

Terakhir, Anda juga harus cermat jika membeli sparkling mineral water. Sparkling mineral water adalah air mineral yang terkarbonasi secara alami dari sumbernya. Air mineral jenis ini memiliki manfaat seperti air mineral lain sekaligus membantu membunuh bakteri atau virus penyebab infeksi. Tetapi terkadang produsen menambahkan karbondioksida agar air mineral biasa menjadi sparkling mineral water.

Baca juga :

Tanda Tubuh Kekurangan Magnesium

10 Makanan yang Kaya Magnesium

Mewaspadai Dehidrasi Ketika Musim Hujan

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber :

www.newhealthguide.org

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment