WHO: Daging Bisa Menyebabkan Kanker

Sebuah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan daging olahan, seperti hot dog dapat menyebabkan kanker. Tak terkecuali daging merah yang masih segar pun dapat meningkatkan resiko kanker pada seseorang.
Pengumuman tersebut dibuat beradasarkan keterangan dari Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC), yang merupakan salah satu bagian riset milik WHO yang memberikan rekomendasi berdasarkan risiko kanker.

Cancer Colorectal parkwaycancercentre

Cancer Colorectal parkwaycancercentre

Berdasarkan pada bukti yang cukup. Manusia yang mengonsumsi daging olahan beresiko terjangkit kanker kolorektal. Kanker kolorektal merupakan sel kanker yang menyerang jaringan usus besar.

Lembaga tersebut juga menemukan bahwa daging merah segar yang dikonsumsi oleh manusia juga bisa membawa resiko peningkatan karsinogenik dalam tubuh. Karsinogenik atau karsinogen adalah zat penyebab kanker, zat karsinogen mengubah asam deoksiribonukleat (DNA) dalam sel tubuh menjadi pengganggu proses-proses biologis lain dalam tubuh. Penemuan ini dipublikasikan dalam jurnal The Lancet Oncology.

Ada lebih dari 800 penelitian yang membahas tentang hubungan antara daging merah, daging olahan, dan risiko kanker. Hampir semua hasil penelitian merujuk pada kesimpulan bahwa setiap 50 gram daging olahan yang dimakan setiap hari meningkatkan risiko kanker kolorektal sebesar 18%.

kenari organik

kenari organik

Lembaga ini bukan yang pertama mencampai kesimpulan tersebut terhadap daging olahan dan daging merah. Keterkaitan antara keduanya dengan resiko peningkatan risiko kanker kolorektal juga ditemukan di Amerika Serikat. American Institute for Cancer Research (AICR) dan World Cancer Research Fund juga telah menyimpulkan bahwa makan sejumlah kecil daging olahan secara teratur dapat meningkatkan risiko kanker kolorektal.

Setelah mengetahui informasi tersebut, tidakkah Anda sebaiknya mengatur kembali konsumsi daging Anda? Selamat menjaga kesehatan.

Baca juga informasi sehati lain terkait kanker seperti:

Tinggi badan bisa pengaruhi resiko terserang kanker? Ini penjelasannya

Gadget bisa meningkatkan resiko terserang kanker kulit

Kopi bisa membuat Anda panjang umur

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.healthyfoodteam.com

 

 

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment