Waspadai Bahaya Sinar Matahari Bagi Kulit Manusia

| Posted : 10 Jan 2015 | Kecantikan, Tips Sehat No comments
Sinar Matahari

Sinar Matahari health.howstuffworks.com

Selain memiliki beragam manfaat, ternyata kita perlu mewaspadai bahaya sinar matahari bagi kulit lho! Seperti yang telah banyak diketahui, sinar matahari merupakan sumber radiasi sinar ultraviolet yang dapat membahayakan bagi kulit tubuh. Dikutip dari klikdokter.com, dalam jumlah kecil, sinar UV bermanfaat karena membantu tubuh dalam menghasilkan vitamin D. Namun pemaparan berlebihan dalam waktu yang singkat saja dapat menyebabkan luka bakar. Sedangkan pemaparan dalam jangka panjang  dapat menyebabkan penebalan pada lapisan kulit paling atas serta meningkatkan pembentukan pigmen.

Pada dasarnya sinar ultraviolet yang mampu menembus bumi dibedakan menjadi 2 yaitu sinar UV A dan sinar UV B. Pada pukul 10.00 hingga 16.00 radiasi dapat terjadi sebesar 70-80%. Radiasi UV A dapat menembus kaca jendela dan dapat pula bereaksi dengan zat kimia dari obat oles dan obat minum sehingga dapat menyebabkan reaksi yang disebut fotoalergi dan reaksi fototoxic. Dan yang perlu diketahui, radiasi UV A dapat memicu terjadinya kanker kulit yang disebut melanoma.

Sinar UV B juga dapat diserap oleh kaca jendela, tetapi kondisi paling berbahaya dapat terjadi kala musim panas tiba. Sinar UV B dapat menembus lapisan kulit dan menyebabkan kulit menjadi terbakar, merah dan bahkan dapat memicu kanker kulit jenis non melanoma. Paparan radiasi UV A dan UV B secara terus-menerus dapat menyebabkan degenerasi jaringan ikat di kulit. Lalu bagaimana tanda-tanda kerusakan kulit itu? Pertama kerusakan kulit ditandai dengan kulit yang kasar dengan bercak berwarna kekuningan atau warna pigmen di kulit menjadi tidak rata, kering, kasar dan dapat juga disertai kerutan.

Sinar Matahari

Sinar Matahari mysuncare.com

Pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan pemakaian tabir surya sebagai pelindung sinar matahari. Pemakaian tabir surya sejak dini akan mengurangi resiko terjadinya kanker kulit dan berbagai kerusakan kulit seperti yang telah dipaparkan sebelumnya. Penggunaan tabir surya yang tepat adalah yang mengndung SPF di atas SPF 15 atau SPF 30 yang memiliki kandungan aman serta telah lolos uji dokter kulit. Oleskan 20 hingga 30 menit sebelum beraktivitas. Jika banyak beraktivitas di bawah sinar matahari sebaiknya ulangi penggunaan tabir sirya setiap dua jam. Selain itu usahakan untuk tidak berada di bawah sinar matahari langsung pada pukul 10.00 hingga pukul 16.00. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Serba-Serbi Penyakit yang Disebabkan Oleh Jamur

Beragam Cara Alami Menghilangkan Bau Kaki

Mengenal Jenis Penyakit Kulit Bernama Eksim

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: klikdokter.com dan pikhospital.co.id

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment