Waspadai Bahaya Penyakit Musim Hujan

Waspadai penyakit yang datang bersamaan dengan datangnya musim hujan ya. Saat musim hujan, cuaca cenderung dingin dan lembab. Hal inibisa menimbulkan penyakit. Apalagi di lingkungan saat ini, tumpukan sampah ada di mana-mana. Tak hanya itu, asap knalpot, genangan air, dan berbagai macam polusi lainnya dapat menimbulkan penyakit berbahaya untuk Anda sekeluarga.

people

people pixabay

Penyakit-penyakit yang perlu di waspadai saat musim hujan diantaranya ialah diare, leptospirosis, ISPA, penyakit kulit, masalah saluran cerna, influensa, dan demam berdarah. Sebisa mungkin, hindarkan diri Anda dari ketujuh penyakit yang sering menjangkiti warga tersebut.

Diare bisa membuat Anda ketinggalan aktivitas penting. Diare sangat erat kaitannya dengan kebersihan lingkungan tempat tinggal Anda. Untuk menjaga kebersihan semuanya tergantung pada individu masing-masing. Oleh karena itu, Anda sebaiknya menjaga baik-baik tempat tinggal Anda. Jauhi sumber air yang tercemar. Tak jauh beda dengan diare, leptospirosis juga bsia membuat Anda kehilangan kesempatan penting jika terjangkiti penyakit yang dibawa oleh tikus.

Pada musim hujan, seringkali terjadi banjir. Pada saat itu, tikus-tikus akan keluar dari liang-liang tempat tinggalnya untuk menyelamatkan diri. Di saat seperti itulah, tikus-tikus akan berkeliaran di sekitar Anda. Untuk menghindari timbulnya penyakit ini, Anda sebaiknya melakukan langkah-langkah antisipasi seperti melakukan pembersihan got agar tidak terjadi banjir di sekitar lingkungan tempat tinggal Anda. Bila tak terhindarkan, sebaiknya Anda tidak bermain air terutama bila di tubuh Anda ada luka. Gunakan pelindung seperti sepatu boot dan mantel.

Penyakit berbahaya berikutnya ialah ISPA. Penyakit yang mengganggu saluran pernapasan ini ditimbulkan oleh bakteri, virus, dan berbagai mikroba lainnya. Gejala utamanya ialah demam dan batuk. Kalau sudah semakin berat, Anda akan merasakan sesak napas dan nyeri di dada. Sama halnya dengan influensa, penyakit ini dapat diatasi dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk mencegah penularan dengan orang di sekitar Anda, gunakan masker dan jangan meludah di sembarang tempat.

rainy weather

rainy weather pixabay

Perhatikan pula pakaian yang Anda gunakan, saat musim hujan, Anda sebaiknya segera berganti pakaian jika pakaian Anda lembab terkena air hujan. Sebab pakaian yang basah bisa menyebabkan infeksi, apalagi jika basahnya dikarenakan air limbah yang kotor.

Selanjutnya, untuk menghindarkan diri dari penyakit saluran cerna, upayakan untuk menyantap makanan yang bersih. Selain bersih, makanan yang Anda santap juga merupakan makanan yang masih segar dan mengandung banyak nutrisi baik untuk tubuh. Makanan sangat penting untuk membantu Anda memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Dengan memiliki daya tahan tubuh yang kuat, Anda tak hanya bisa terhindar dari influensa, Anda juga bisa terhindarkan dari penyakit demam berdarah.

Oleh karena itu, sebaiknya selama musim hujan jaga kondisi tubuh Anda tetap dalam keadaan hangat. Jangan lupa juga untuk menjaga lingkungan Anda tetap bersih ya! Sebab bakteri dan mikroba penyebab penyakit bisa tinggal di mana saja. Selamat menjaga kesehatan.

Baca juga informasi sehat lainnya seperti:

Benarkah cuaca dapat mempengaruhi kesehatan tubuh?

Hidup lebih sehat dengan menari

Ini dia daftar sayur kaya protein

 Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.realsimple.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment