Waspadai Bahaya Laten Saat Anak-anak Sedang dalam Masa Pertumbuhan

Pernah melihat seorang remaja berdiri tegak dengan kondisi kaki o atau x? Saat ini, menurut hasil studi, ada banyak anak pra-remaja yang terganggu secara fisik. Bagian yang paling mudah terlihat ialah bagian kaki. Ketika berdiri dalam kondisi siap, kaki mereka menunjukkan kondisi yang tidak sempurna.

Kira-kira apa yang menyebabkan hal itu bisa terjadi?

kaki anak-anak

kaki anak-anak mistercufflink

Dari saat bayi lahir. Dia lahir dengan kaki yang lurus dan datar. Gerakan seperti merangkak, menendang, berjalan, berlari, memanjat, dan lain sebagainya merupakan kegiatan yang menjadi kunci proses pertumbuhan baik pada otot-otot Anda.

Merangkak menjadi pertanda perkembangan pertama apakah setiap bagian kakinya dapat bekerja secara sempurna. Anda bisa mengamati bagian tumit, bola kaki, dan jari-jari kaki. Apakah semuanya berperan dalam pergerakan merangkak bayi Anda. bila iya, itu berarti sistim syaraf dan otot yang ada di pergelangan kaki bayi Anda tersusun sempurna. Akan tetapi bila ada satu saja yang mengalami disfungsi sebaiknya Anda periksakan kondisinya.

Secara umum, anak-anak akan berjalan setelah merangkak. Anak-anak yang menjalani proses secara alami mustahil mendapatkan kaki berbentuk o atau x. Banyak orang percaya bahwa anak-anak yang sudah bisa berjalan merupakan tanda kemajuan, kecerdasan, dan tanda kemajuan. Akan tetapi, Anda harus waspada ketika anak-anak mulai berjalan. Sebaiknya Anda tidak mendorongnya agar bisa berdiri sempurna cepat-cepat, apalagi memberinya alas kaki yang tidak nyaman. Sepatu yang tidak cocok untuk kaki anak-anak Anda, misalnya sol keras, hanya akan membuat metabolisme tubuhnya terganggu. Hal ini tentu saja akan berpengaruh pada perkembangan pertumbuhannya yang selanjutnya.

Mengapa Anda harus berhati-hati dalam memilih alas kaki untuk anak Anda yang baru mulai menyentuh tanah? Itu diperlukan karena berjalan membutuhkan banyak keterampilan motorik yang tersusun di jaringan otak mereka. Sistim motorik ini bekerja untuk menyeimbangkan tumit dan jari kaki. Ketika orang tua memakaikan sepatu dengan sol yang keras, hal ini bisa menghalangi kinerja sistim motoriknya, karena jari kaki menjadi tidak bisa bebas mencengkeram.

bahaya laten kaki

bahaya laten kaki mistercufflink

Sebagai orang tua yang bijak, menempatkan anak-anak tetap pada kondisi alaminya pada masa pertumbuhan adalah pertimbangan yang sangat diperlukan. Jari-jari kaki anak-anak diharuskan bisa mencengkeram secara alami agar sistim motoriknya juga bekerja sempurna. Jika cengkeramannya berhasil mempertahankan posisinya tubuhnya tetap stabil saat mencoba berjalan, itu berarti sistim motoriknya juga tersusun sempurna di dalam jaringan kepalanya.

Kalau hal ini terhalangi, jangan heran bila ketika memasuki usia remaja, Anda melihat perubahan pada kondisi fisik anak Anda, terutama kaki. Sebab sistim motorik memang berpengaruh besar pada pertumbuhan fisik anak-anak Anda. Selain mencengkeram ketika belajar berjalan menjadi pertanda penting, anak-anak yang suka memanjat juga merupakan salah satu tanda penting bahwa sistim motorik dan kognitifnya dapat bekerja bersamaan dengan baik. Memanjat mungkin akan menjadi kebiasaan anak ketika memasuki usia 4 tahun. Jangan diabaikan tapi juga tidak perlu dilarang dengan keras, melainkan perhatikan dan jaga di sekitarnya.

Perkembangan selanjutnya tentu Anda sudah bisa menduga, anak-anak akan menjadi suka bermain, menjadi semakin aktif, dan sedikit menjadi lebih nakal. Itu wajar terjadi karena sistim otak mereka sedang berkembang. Dari kenakalan merekalah Anda sebaiknya menyadari kalau sistim kognitif dan motoriknya sedang ikut berkembang. Agar mereka menjadi anak-anak yang tetap santun, bermoral, dan dapat mengerti hak-hak orang lain, sebagai orang tua Andalah yang harus bijak dalam mengontrol tumbuh kembangnya, baik secara fisik maupun secara mental.

Yuk, jadi orang tua yang tanggap terhadap tumbuh kembang anak!

Baca juga informasi sehat lainnya seperti:

4 kombinasi makanan yang baik untuk pikiran dan tubuh Anda

Bahaya demam akibat digigit tikus

Bahan makanan yang perlu penanganan khusus agar tidak berbahaya

 

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: Sonima.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment