Waspadai Bahaya Kabut Asap Bagi Kesehatan

| Posted : 19 Dec 2014 | Berita Sehat, Tips Sehat No comments
regional.kompas.com

regional.kompas.com

Beberapa waktu belakangan kasus kebakaran marak terjadi di beberapa titik lokasi di Indonesia, mulai dari kebakaran skala kecil atau kebakaran rumah hingga kebakaran skala besar yang melanda beberapa titik hutan di berbagai daerah. Terkadang kabut asap ini meluas hingga ke luar negeri, Singapura misalnya. Jika sudah demikian, bisa dipastikan bahwa asap yang diakibatkan oleh kebakaran ini sudah sangat besar bukan? Tak jarang hal ini juga menyebabkan kabut asap yang cukup pekat sehingga selain mengganggu lalu lintas baik darat maupun udara juga dapat mengganggu pernafasan manusia. Ingin tahu bagaimana dampak asap bagi kesehatan kita? Intip informasinya sesaat lagi!

Perlu diketahui, bagi orang yang memiliki kondisi kesehatan spesifik, seperti orang dengan masalah di paru-paru dan jantung, orang lanjut usia hingga anak-anak lebih mudah terkena gangguan kesehatan akibat asap, meskipun kabut asap juga akan berpengaruh bagi mereka dengan kondisi kesehatan yang baik. Kabut asap sendiri bisa menimbulkan beragam masalah kesehatan seperti mengakibatkan iritasi pada mata, hidung serta tenggorokan dan reaksi alergi. Kabut asap juga dapat memperburuk penderita asma serta penyakit paru kritis lainnya.

 www.tempo.co

www.tempo.co

Kabut asap juga dapat menyusutkan kekuatan paru-paru sehingga dapat mengakibatkan orang mudah kelelahan serta mengalami kesusahan saat bernafas. Bahan polutan yang ada pada asap akibat kebakaran hutan yang jatuh ke bumi juga memungkinkan untuk menjelma menjadi sumber polutan bagi air bersih serta makanan yang tidak terlindungi. Tak hanya itu, resiko terkena infeksi saluran pernafasan akut atau yang dikenal dengan sebutan ISPA juga lebih mudah terjadi, apalagi jika diiringi dengan ketidakseimbangan daya tahan tubuh, pola bakteri atau virus pemicu penyakit dan buruknya lingkungan.

Lalu bagaimana cara meminimalisir resiko terkena kabut asap ini? Pertama tentu saja mengurangi kegiatan di luar tempat tinggal ataupun gedung, terutama bagi penderita penyakit jantung dan masalah pernafasan. Jika bepergian atau beraktivitas di luar rumah maka sebisa mungkin menggunakan masker. Jangan lupa untuk tetap melakukan pola hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan bergizi, tidak merokok, istirahat yang cukup dan memperbanyak konsumsi air putih. Selain itu usahakan melindungi tempat tinggal hingga tempat kerja atau sekolah dari paparan asap. Lindungi pula penampungan air minum milik Anda agar terhindar dari polutan. Jangan lupa pula untuk mencuci buah yang akan dikonsumsi serta masak dengan benar makanan dan minuman yang akan disantap. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Tips Mencegah Bau Pada Area Vital Pria

Cara Usir Gatal “Nakal” di Area Payudara

Temukan Cara Alami Menghilangkan Sakit Tenggorokan di Sini!

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: drozindonesiatranstv.blogspot.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment