Waktu yang Tepat untuk Minum Kopi dan Teh

Minum kopi dan teh akan memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Itu merupakan informasi yang benar, namun manfaat baik untuk tubuh akan diperoleh apabila Anda mengonsumsi minuman tersebut di waktu-waktu yang tepat.

Kopi

Kopi homehealthlove

Mengapa harus mengambil waktu yang tepat untuk mengonsumsi teh atau kopi? Sebab mengonsumsi teh atau kopi akan berkaitan dengan hormon kortisol. Hormon kortisol merupakan hormon yang diproduksi oleh sel di dalam zona fasikulata pada kelenjar adrenal sebagia respon terhadap stimulasi hormon ACTH yang disekresi oleh kelenjar hipofisis. Hormon kortisol memiliki pengaruh terhadap sistim metabolisme tubuh, beragam organ dan jaringan tubuh, sistem kardiovaskular, sistem saraf pusat, sistem renal dan sistem fetus.

Intinya, hormon kortisol berhubungan erat dengan kinerja hari, metabolisme tubuh, jaringan otot, dan aliran darah ke seluruh tubuh.

Mengingat hormon Kortisol sangat penting untuk kinerja tubuh maka untuk mengonsumsi kopi dan teh perlu memperhatikan kapan hormon kortisol dalam keadaan rendah. Hormon kortisol memiliki intensitas kegiatan yang cukup tinggi pada jam-jam tertentu, diantaranya Pukul 08.00—09.00 WIB, Pukul 13.00 WIB-14.00 WIB, Pukul 17.30-18.30 WIB. Pada jam-jam tersebut, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi kopi atau teh. Bila Anda lakukan itu, tubuh bisa mengalami kecanduan terhadap senyawa kopi dan teh.

Bila tubuh kecanduan senyawa kopi atau teh, maka tubuh akan membutuhkan asupan kopi untuk meningkatkan kebugaran. Selain itu, akan menyebabkan detak jantung menjadi lebih cepat. Efek selanjutnya, kesehatan tubuh akan mulai terganggu.

minum teh

minum teh i.imgur

Manfaat kopi dan teh akan didapat secara baik ketika Anda mengonsumsi di luar jam-jam tersebut di atas. Steven Miller, ilmuwan dari Unformed Services University of the Health Sciencer menyatakan kalau meminum kopi dan teh di waktu yang tepat, yakni di atas Pukul 09.00 WIB akan membuat kestabilan hormon kortisol yang telah diproduksi tubuh sejak bangun tidur berada dalam kondisi stabil.

Minum kopi dan teh dalam dunia kesehatan diibaratkan seperti meminum suplemen kesehatan. Apabila diminum dalam jumlah dan waktu yang tepat akan memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. Akan tetapi, bila diminum dengan jumlah dan waktu yang tidak tepat bisa menyebabkan kerusakan pada bagian tubuh tertentu.

Jadi, kopi dan teh baik bila dikonsumsi apabila kondisi hormon kortisol sedang menurun, sehingga akan meberikan efek yang baik untuk kesehatan tubuh. Untuk Anda yang suka kopi dan teh, silahkan perhatikan jam-jam aktif hormon kortisol di atas ya! Selamat menjaga kesehatan.

Baca juga informasi sehat lainnya seperti:

Lulur Kopi yang Bisa Menyamarkan Selulit

Apakah Kopi dapat Melawan Datangnya Penuaan Dini?

Cita Rasa yang Dimiliki Kopi dari Indonesia

 

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber:  health.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment