Waktu Terbaik untuk Olahraga Saat Berpuasa

| Posted : 10 Jun 2015 | Berita Sehat, Tips Sehat No comments
Olahraga di Bulan Puasa

Olahraga di Bulan Puasa greenprophet

Bulan puasa hampir tiba. Ini berarti sebagian besar umat muslim akan menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Tentu saja beragam aktivitas di bulan puasa seperti kuliah ataupun kerja tetap berjalan seperti biasanya. Lalu, bagaimana dengan olahraga? Baikkah dilakukan selama menjalankan puasa?

Perlu diketahui bahwasanya aktivitas fisik saat berpuasa tetap perlu untuk dilakukan. Selain bermanfaat menjaga metabolisme tubuh agar tetap tinggi, aktivitas fisik bermanfaat pula untuk mencegah tubuh agar tidak mudah capek. Menariknya lagi olahraga ringan juga akan membantu menahan rasa lapar lho! Dengan tetap aktif dapat menekan produksi asam lambung. Produksi asam lambung yang minimalis tentu akan mengurangi timbulnya rasa lapar.

Salah satu aktivitas ringan yang banyak dilakukan adalah jalan santai di pagi hari. Jika Anda tertarik untuk melakukannya, pilihlah jalan datar dengan rute yang tidak terlalu jauh. Bagaimanapun juga Anda tetap harus menjaga stamina untuk beraktivitas selama seharian penuh.

Olahraga di Bulan Puasa

Olahraga di Bulan Puasa jualjilbab

Waktu paling ideal melakukan olahraga adalah sore hari, tepatnya beberapa jam sebelum waktu berbuka tiba. Melakukan aktivitas aerobik dengan intensitas ringan hingga sedang selama 20 menit sebelum berbuka misalnya. Meski terdengar sulit untuk dilakukan, namun berolahraga di waktu ini merupakan salah satu waktu terbaik untuk berolahraga karena Anda dapat langsung menyuntikkan energi setelah jam berbuka tiba. Namun demikian perlu diingat bahwasanya Anda wajib untuk mengatur porsi menu yang dikonsumsi. Makanlah pula dengan perlahan dan bertahap.

Selain itu, setelah sholat tarawih juga dapat menjadi alternatif pemilihan waktu untuk melakukan olahraga. Selain tubuh telah fit kembali, disarankan bahwasanya salah satu waktu untuk melakukan olahraga adalah 3 jam setelah makan besar. Hal ini diperlukan untuk memberi waktu transit bagi makanan di lambung. Setelah sholat taraweh, Anda dapat ngegym sesuai dengan kemampuan Anda. Latihan beban selama 30 hingga 40 menit misalnya. Jangan malas berolahraga di bulan puasa ya!

Baca juga:

Tips Memilih Buah atau Rempah dalam Infused Water

Larutan untuk Menghilangkan Pestisida pada Buah dan Sayur

Cara Menyiapkan Makanan dengan Aman

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: duniafitnes.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment