Varises, Salah Satu Momok Menyeramkan Bagi Kaum Hawa

Varises

Varises rudystifan.blogspot.com

Kaki yang mulus tanpa luka ataupun varises merupakan dambaan setiap kaum hawa dimanapun berada. Bagi yang belum mengetahui, varises merupakan pelebaran abnormal rongga pembuluh darah balik (vena) akibat tekanan arus balik darah yang mengalir di dalamnya. Dengan kata lain munculnya varises menandakan ada masalah yang terjadi pada vena. Arus darah balik sendiri dapat terjadi karena dua hal. Pertama karena adanya sumbatan atau penekanan yang mengalangi arus balik darah. Kasus ini bisa terjadi pada wanita yang sedang hamil. Karena besarnya kandungan yang ada di rahim dapat menekan vena utama di daerah perut.

Sedangkan penyebab kedua terjadinya tekanan arus balik darah tidak lain dikarenakan arus balik darah menuju jantung lebih besar daripada normal pada pembuluh darah yang bebas sumbatan. Hal ini dapat terjadi pada tungkai yang beraktivitas lebih berat daripada orang normal. Tak jarang ditemui penderita varises di kaki yang terlihat memiliki varises yang berkelok-kelok. Seperti yang diketahui bersama, pembuluh darah vena di kaki adalah pembuluh darah yang memiliki kinerja paling berat. Ini tidak lain karena jaraknya yang terletak paling jauh dari jantung.

Varises

Varises www.tabloidnova.com

Satu yang perlu diketahui, varises tungkai dapat terjadi di sepanjang paha sampai betis bahkan telapak kaki. Cukup mengerikan bukan ladies? Sayangnya pelebaran abnormal vena ini tak hanya dapat menyerang wanita saja, namun juga dapat timbul pada kaum adam dengan tungkai yang memiliki aktivitas berlebih. Umumnya varises pada kaki terjadi pada mereka yang kurang gerak. Hal ini mengakibatkan terjadinya kelainan katup seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya varises adalah membatasi penggunaan high heels. Seperti yang telah diketahui bersama, penggunaan high heels akan meningkatkan tumpuan dan tekanan pada tungkai kaki. Hal ini dapat mengakibatkan arus balik darah menjadi lebih besar. Karena hal inilah baik menggunakan high heels ataupun tidak, mengistirahatkan tungkai adalah hal yang wajib dilakukan. Salah satu cara mudah mengistirahatkan tungkai adalah dengan kaki diselonjorkan lalu mengganjalnya dengan satu atau dua bantal saat duduk ataupun berbaring. Hal ini dapat memperlancar arus balik darah.

Epsom Salt

Epsom Salt fibrotv.com

Selain itu mengistirahatkan tungkai dapat dilakukan dengan merendam kaki dalam air hangat. Untuk membuat kaki tambah rileks, Anda dapat menambahkan garam epsom. Garam Epsom merupakan jenis garam atau yang dikenal senagai garam Inggris merupakan jenis garam yang ditengarai memiliki beragam manfaat bagi kecantikan dan kesehatan tubuh. Garam epsom juga memiliki sifat anti inflamasi sehingga dapat membantu mengurangi pembengkakan. Anda juga dapat menggunakan Epsom salt untuk mengatasi rasa nyeri pada tumit setelah seharian menggunakan alas kaki berhak tinggi. Satu hal lagi, selalu jaga kebersihan dan kelembapan tungkai. Selain dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya luka, tungkai yang sehat dan bersih akan memperkecil pula terjadinya infeksi. Bye-bye varises!

Baca juga artikel menarik lainnya:

Agar Kuku Tetap Sehat

Penyebab Jerawat Punggung

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.medkes.com dan infonitas.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment