Vaksin Flu Memberikan Perlindungan dalam 6 Bulan

Agar Anda terlindungi dari virus flu selama musim dingin atau musim hujan, sebaiknya Anda lekas mendapatkan suntikan vaksin. Flu memang bukanlah penyakit kronis, tapi flu bisa menyebabkan ketidaknyamanan dalam beraktifitas. Anda bisa merasa risih bila berhadapan dengan orang lain saat terserang flu.

VaksinInfluenza

VaksinInfluenza antara

Lebih baik Anda tidak menyepelekan flu, sebab efek keberlanjutan flu pun juga tidak baik untuk kesehatan tubuh, karena flu bisa menyebabkan penyakit-penyakit lanjutan yang disebabkan oleh virus influenza seperti sinusitis, infeksi saluran pernafasan, sesak nafas, dan ketulian.

Untuk kebaikan Anda, lakukan vaksin influenza sebelum musim hujan tiba ya! Penelitian telah membuktikan bahwa vaksin influenza dapat melindungi Anda dari virus influenza dalam waktu enam bulan. Setelah itu, Anda perlu mendapatkan vaksin kembali.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 17.000 orang Amerika dari segala usia. Para peserta mendapatkan suntikan flu sesuai dosis yang dibutuhkan. Dosis disesuaikan juga dengan umur peserta. Para peneliti mengikuti perkembangan mereka selama empat musim flu, dari tahun 2010-2011 melalui 2013-2014.

Selama kurun waktu tersebut, peneliti menemukan bahwa suntikan vaksin dapat memberikan perlindungan rata-rata hanya sampai enam bulan setelah peserta disuntik. Penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa perlindungan vaksin terhadap virus influenza mengalami penurunan dari waktu ke waktu karena menurunnya kadar antibodi seseorang. Demikian keterangan dari Dr. Jennifer Radin, dari US Naval Health Researsch Center in San Diego.

Ilustrasi Vaksin Tetanus

Ilustrasi Vaksin Tetanus jeffreysterlingmd

Selama penelitian, peneliti menemukan bahwa peserta yang sudah menerima vaksin memiliki peningkatan ketahanan setidaknya selama enam bulan pasca disuntik vaksin. Ini berarti vaksinasi flu mengurangi resiko seseorang untuk pergi ke dokter sebanyak 50 sampai 70 persen selama musim flu.

Temuan ini menunjukkan bahwa pemberian suntkan flu baik jika dilakukan di awal musim gugur, atau saat mendekati akhir musim kemarau, sebelum musim flu dimulai. Dengan cara ini, vaksin kemungkinan besar dapat mencegah peningkatan jumlah warga menderita infeksi yang merupakan efek keberlanjutan dari flu.

Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Kalau sudah terserang, Anda bisa langsung melakukan pengobatan dengan cara berkumur dengan air garam, mengonsumsi permen mentol, menggunakan balsem hangat, menggunakan obat tetes hidung saline, menghirup uap air panas, mengonsumsi suplemen zinc atau seng, dan mengonsumsi obat-obatan yang bisa dibeli langsung di apotik. Jika tak sembuh juga, segera datang ke dokter.

Baca juga informasi sehat lain yang terkait dengan flu seperti:

Cara mudah menghentikan gejala flu

Makanan dan minuman yang tepat untuk penderita flu

4 vaksin yang penting untuk Anda

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.news.health.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment