Usai Lebaran Jangan Lupa Cek Kesehatan Ya!

Cek Kesehatan

Cek Kesehatan idisrupted

Jangan tunggu sakit untuk melakukan cek kesehatan. Apalagi jika libur Lebaran telah usai. Selain kelelahan saat perjalanan mudik, momen Lebaran kerap dijadikan ajang untuk mengkonsumsi makanan dalam jumlah berlebih. Apalagi jika Anda sedang merindukan masakan rumahan. Sehari bisa makan lebih dari tiga kali. Ditambah lagi dengan konsumsi camilan selama bersilaturahmi dengan sanak famili.

Pola makan yang tidak sehat selama Lebaran dapat memicu timbulnya masalah kesehatan seperti tingginya kadar kolesterol, diabetes hingga hipertensi. Bagaimanapun juga kudapan Lebaran umumnya didominasi dengan makanan tinggi lemak dan gula. Opor, rendang, sambel goreng hati dan beragam kue Lebaran misalnya. Sayangnya, banyak yang tidak bisa melepaskan diri dari beragam makanan lezat ini saat libur Lebaran tiba.

Sebaiknya Anda tidak perlu menunggu hingga timbulnya gejala penyakit. Apalagi jika Anda memiliki riwayat kolesterol, diabetes ataupun hipertensi. Belum lagi jarang yang melakukan olahraga saat libur Lebaran tiba. Umumnya orang akan melakukan travelling di destinasi wisata yang berada di lokasi tempat tinggal. Lokasi yang dipilih pun umumnya yang tidak membutuhkan tenaga lebih, seperti pantai ataupun taman. Tak jarang momen Lebaran juga digunakan sebagai ajang wisata kuliner bersama. Kalau sudah begini, beragam makanan yang ada umumnya tidak akan dilewatkan begitu saja.

Apa saja yang dicek, ini merupakan pilihan. Semua tergantung pada riwayat kesehatan dan budget yang tersedia. Jika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu, ada baiknya untuk memasukkannya dalam daftar cek kesehatan Anda. Contohnya saja jika Anda memiliki riwayat kadar kolesterol yang tinggi, maka jangan lewatkan untuk memeriksa kadar kolesterol Anda. Tak hanya itu, konsultasikan pula gangguan kesehatan yang  sedang diderita.

Cek Kesehatan

Cek Kesehatan onekenton.ca

Selanjutnya, usahakan untuk segera kembali pada penerapan pola hidup yang seimbang. Cukupi kebutuhan gizi, sayur dan buah serta jangan lupa untuk melakukan olahraga secara teratur. Perhatikan pula konsumsi air putih harian Anda, minimal 8 gelas sehari. Terakhir, jangan lupa untuk mengalokasikan waktu istirahat yang cukup. Be healty good people!

Baca juga:

Menghindari Kegemukan Setelah Lebaran

Apa Sih Manfaat Makanan Fermentasi?

3 Cara Mudah Mengurangi Konsumsi Gula Saat Sarapan

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.beritasatu.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment