Untuk Menjaga Kesehatan Kaki, Jangan Lupa Melakukan Perawatan Mudah Ini!

 

Kaki

Kaki pixabay

Kesehatan telapak kaki merupakan salah satu hal yang kerap luput dari perhatian kita. Padahal masalah pada kaki dapat berbuntut panjang. Apalagi jika memasuki Lebaran yang kebetulan bertepatan dengan musim hujan yang belum reda. Padahal datangnya musim hujan dapat meningkatkan resiko pada kesehatan kaki, seperti jamur yang dapat menyebabkan gatal atau masalah lainnya.

Agar tidak mengganggu keceriaan di hari lebaran, berikut tips mudah merawat kaki saat memasuki musim hujan!

Menjaga Kebersihan kaki

Kaki

Kaki pixabay

Menjaga kebersihan kaki merupakan hal mutlak yang harus dilakukan. Usahakan untuk membersihkan kaki setidaknya dua kali dalam sehari. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari infeksi atau tumbuhnya jamur pada kaki. Membersihkan kaki juga dapat membuat tekstur kulit pada kaki menjadi lembut dan kenyal.

Gunakan Alas Kaki Terbuka Saat Musim Hujan

Alas Kaki Terbuka

Alas Kaki Terbuka pixabay

Alas kaki merupakan barang yang kerap dipersiapkan menjelang lebaran. Karena lebaran tahun ini masih sering terjadi hujan, sebaiknya persiapkan alas kaki andalan dengan model yang terbuka. Selain dapat menyebabkan kerusakan pada kaki, penggunan alas kaki tertutup saat musim hujan dapat menimbulkan bau yang tidak sedap.

Menjaga Kebersihan Alas Kaki

Alas Kaki Bersih

Alas Kaki Bersih pixabay

Selain menjaga kebersihan kaki, perhatikan pula kebersihan alas kaki Anda. Jika dibandingkan dengan musim kemarau, tentu alas kaki akan lebih cepat kotor saat musim hujan tiba. Apalagi jika alas kaki terkena cipratan air comberan yang kerap menggenang di jalan.

Alas kaki yang kotor dapat menjadi tempat ideal berkembangnya bakteri dan kuman yang dapat menimbulkan masalah pada kesehatan kaki Annda. Karena itulah penting memiliki alas kaki cadangan saat memasuki musim hujan sehingga Anda tetap dapat mengenakan sepatu yang kering dan bersih setiap hari.

Jangan Malas Melakukan Scrubbing Kaki

Selain berguna untuk menghilangkan sel kulit mati di sekitar area kaki, scrubbing juga berfungsi menghindarkan kaki dari penumpukan sel kulit mati. Jika tumpukan sel kulit mati dibersihkan, maka kulit kaki dapat bernafas dengan lebih leluasa.

Gunakan Bedak Tabur

Bedak Tabur

Bedak Tabur www.babycenter.com

Penggunaan bedak tabur sebelum mengenakan alas kaki dapat menjadi salah satu trik untuk mengurangi kelembapan pada kaki. Karena dapat membantu menyerap keringat pada kaki, penggunaan bedak tabur dapat mengurangi bau kaki yang timbul usai seharian mengenakan alas kaki. Pernah mencoba trik yang satu ini?

Baca juga:

Tips Agar Bibir Tidak Pecah-Pecah Saat Sedang Berpuasa

Mengenal Empat Tahapan Olahraga Dikala Berpuasa

Tips Mencegah Sembelit Saat Berpuasa

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Sumber: www.boldsky.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment