Trik Mencegah Malaria Saat Liburan

| Posted : 31 Mar 2016 | Berita Sehat, Tips Sehat No comments
Digigit Nyamuk

Digigit Nyamuk pixabay

Sebagai negara kepulauan, Indonesia menawarkan ratusan tempat wisata yang menarik. Salah satu pulau yang menjadi idola para wisatawan adalah Papua. Maklum saja, selain Raja Ampat, pulau ini menawarkan puluhan tempat wisata yang sangat eksotis seperti Taman Teluk Cendrawasih, Danau Sentani dan masih banyak lagi.

Meski demikian, ada beberapa hal yang wajib diketahui wisatawan sebelum memutuskan untuk berlibur di pulau cantik ini. Salah satunya adalah tingginya kasus malaria yang berpotensi mengganggu kesahatan Anda selama menikmati liburan. Selain Papua, beberapa kawasan lain seperti Maluku, Maluku Utara dan juga Nusa Tenggara juga dikenal memiliki kasus malaria yang cukup tinggi.

Malaria merupakan penyakit yang disebabkan oleh plasmodium. Dari sekian banyak jenis plasmodium, hanya ada 5 jenis plasmodium saja yang dapat menyebabkan penyakit malaria. Dua diantaranya adalah Plasmodium falciparum dan Plasmodium vivax. Plasmodium ini disebarkan oleh nyamuk Anopheles betina.

Ternyata nyamuk ini hanya menggigit pada malam hari saja. Karena itu pastikan Anda menggunakan pakaian yang tertutup saat malam hari. Selain itu, usahakan untuk tidur dengan kelambu. Jika kamar Anda memikiki fasilitas AC, pengaturan suhu kamar di bawah 20°C ternyata dapat membuat nyamuk menjadi tidak aktif.

Selain itu daya tahan tubuh seseorang juga sangat berpengaruh pada penularan penyakit ini. Karena itulah dimanapun tujuan wisatanya, stamina yang  fit mutlak diperlukan saat memutuskan liburan. Untuk meminimalisir resiko penularan penyakit tersebut, Anda dapat melakukan beberapa kegiatan pencegahan. Yang pertama tentu saja berusaha melindungi diri agar tidak digigit nyamuk.

Meski hanya sebagian kecil (2-5%) orang yang digigit nyamuk Anopheles akan terkena malaria, namun mencegah tentunya jauh lebih baik daripada harus mengobati bukan? Selain menggunakan pakaian tertutup, disarankan untuk menggunakan lotion anti nyamuk.

Digigit Nyamuk

Digigit Nyamuk pixabay

Untuk tindakan pencegahan lebih lanjut, Anda dapat minum obat profilaksis atau pencegahan seperti doksisiklin. Karena tergolong obat keras sekaligus antibiotik, maka pembelian doksisiklin harus dengan resep dokter. Karena kondisi malaria di setiap tempat berbeda, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat resep dan dosis yang tepat.

Baca juga:

Tips Liburan Bagi Traveller Penderita Diabetes

Kiat Mencegah Mabuk Saat Liburan

Tips Menjaga Berat Badan Saat Liburan

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: health.liputan6.com, www.alodokter.com dan health.kompas.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment