Trik Memilih Menu Makan Siang Saat Menjalani Program Penurunan Berat Badan

Makan Siang

Makan Siang pixabay.com

Makan siang merupakan salah satu akses pemenuhan nutrisi seseorang. Karena berada saat jam kerja, umumnya orang ingin makan siang yang cepat tapi enak. Beda lagi dengan orang yang sedang melakukan program penurunan berat badan. Maunya sih makan siangnya tidak hanya cepat dan enak, tetapi juga sehat.

Untuk menunjang kesehatan, jumlah kalori makan siang perlu dibatasi. Jumlah kalori total makan siang yang direkomendasikan berkisar antara 400 hingga 500 kalori. Namun jika Anda mencoba uintuk menurunkan berat badan, coba atur menu makan siang Anda pada kisaran 400 hingga 450 kalori. Bagaimana detail menunya? Berikut ulasan selengkapnya!

Mengkonsumsi Biji-Bijian atau Roti Gandum

Roti Gandum

Roti Gandum pixabay.com

Pada dasarnya makan siang memerlukan karbohidrat sebagai sumber energi. Dalam hal ini karbohidrat dalam makan siang disarankan hanya 45 hingga 55% dari otal kalori Anda, yang bisa diperoleh dari 50 hingga 65 gram sumber karbohidrat. Saat makan siang disarankan untuk mengkonsumsi bibi-bijian, roti gandum, pasta atau sayur dan buah yang mengandung zat tepung.

Sisipkan Sumber Lemak Sehat

Lemak sehat dalam makan siang tentu akan semakin menambah lezat menu makan siang Anda. Saat makan siang, porsi lemak yang dapat dikonsumsi antra 30 hingga 35% atau sekitar 13 hingga 18 gram saja. Beberapa sumber lemak sehat antara lain kacang-kacangan, biji-bijian, minyak, alpukat dan buah zaitun.

Konsumsi Serat dari Buah atau Sayur

Menu Makan

Menu Makan pixabay.com

Serat adalah komponen penting yang harus ada dalam makan siang Anda. Konsumsi serat yang disarankan setiap hari berada dia angka 25 gram. Saat makan siang, disarankan setidaknya mengkonsumsi sekitar 8 gram serat atau sekitar 30% dari total serat yang disarankan untuk dikonsumsi setiap hari.  Serat dapat diperoleh dari karbohidrat kaya serat seperti biji-bijian, sayuran yang mengandung tepung ataupun buah.

Makan Sumber Gula Sekitar 4 Gram

Ternyata makan siang yang sehat harus mengandung gula dengan jumlah sekitar 4 gram atau dibawahnya. Selain dapat berasal dari buah seperti anggur, cranberry kering, ubi jalar atau buah lainnya, kandungan gula juga terdapat pada sirup, madu hingga roti bercitarasa manis.

Jangan Lupa Konsumsi Protein

Steak

Steak pixabay

Untuk sumber protein disarankan memenuhi porsi 17 hingga 25% dari total kalori yang disarankan. Dalam porsi ini, Anda bisa menikmati skeitar 20 hingga 30 gram protein. Selain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi di siang hari, protein penting untuk memberi efek kenyak pada perut hingga sore hari. Dengan adanya protein diharapkan dapat mengurangi porsi snacking Anda.

Kapan Jam makan Siang Terbaik?

Makan siang terbaik dapatdilakukan sekitar 3 jam usai snacking. Jika Anda melakukan sarapan pukul 07.00 pagi, lalu snacking pukul 10.00 siang, maka waktu terbaik untuk menikmati siang adalah pukul 12.00 siang. Jika Anda ingin berolahraga terlebih dahulu, Anda dapat menunda makan siang pada pukul 13.00. Bagaimana dengan kebiasaan makan siang Anda?

Baca juga:

Apa Sih yang Akan Terjadi Pada Tubuh Jika Anda Berhenti Merokok Selama 20 Menit Saja?

Tips Agar Penurunan Berat Badan Anda Semakin Terasa Menyenangkan

Mana yang Lebih Menyehatkan ? Mandi dengan Air Panas atau Air Dingin ? Ini Jawabannya !

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.popsugar.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment