Trik Jitu Menjaga Kesehatan Bibir

Bibir Sehat

Bibir Sehat stylecraze

Bibir yang sehat, lembut dan berwarna merah muda merupakan dambaan sebagian besar kaum hawa. Namun ketika jam kantor belum usai, tak jarang ada yang mendapati bibir kering akibat pengaruh dehidrasi ataupun air conditioner yang dihidupkan sepanjang jam kerja. Parahnya lagi bibir yang kering dapat menimbulkan terjadinya bibir pecah-pecah atau bahkan berdarah. Meskipun darah yang keluar tidak banyak, namun hal ini tentu sangat menyakitkan.

Bruce Bart, MD, dokter kulit Hennepin County Medical Center, Minneapolis menjelaskan bahwa kulit pada bibir tidaklah seperti kulit di bagian tubuh manapun. Kulit pada bibir itu tipis yang memungkinkan pembuluh darah terlihat. Hal inilah yang membuat bibir tampak memiliki warna merah merekah. Selain itu bibir tidak memiliki kelenjar minyak. Padahal seperti yang telah banyak diketahui, minyak memiliki fungsi sebagai barrier atau pelindung bagi kulit. Dengan fakta ini, proteksi terhadap kesehatan bibir menjadi  hal yang tidak dapat ditawar lagi bukan?

Lalu bagaimana tips menarik mendapatkan bibir pink yang sehat? Pertama, hindarkan tubuh dari dehidrasi. Selain dapat meningkatkan metabolisme, air akan menghindarkan resiko bibir kering. Hindari pula untuk menjilat bibir. Terkadang menjilat bibir merupakan hal reflek yang dilakukan saat bibir mulai terasa kering. Hal ini terkait dengan kandungan enzim pencernaan yang terdapat di dalam air liur. Enzim ini dapat merusak barrier yang terdapat pada bibir.

Bibir Sehat

Bibir Sehat dotvital

Jika bibir mulai terasa kering, Anda dapat mengambil alternatif lain seperti oleskan lip balm. Terkait dengan lip balm ini, carilah yang mengandung beeswax, shea butter, vitamin E,  almond, jojoba atau minyak kelapa. Selain itu lindungi pula bibir dari sengatan sinar matahari setiap hari. Anda dapat dengan mudah melakukannya dengan mengoleskan produk seperi Lip Moisturizer dengan SPF atau lipstik berSPF.

Hal tersebut menjadi penting untuk dilakukan karena bibir tidak memiliki melanin. Seperti yang telah diketahui bersama, melanin adalah pigmen yang berfungsi sebagai pelindung bagian dalam kulit dari efek buruk sinar matahari. Oiya, sebisa mungkin hindari menggunakan lipstik matte dalam jangka waktu yang lama ya! Meski menawarkan warna tajam nan menggoda, lipstik berjenis matte dapat membuat bibir menjadi sangat kering. Jika menggunakan lipstik jenis ini, jangan lupa untuk melapisi bibir terlebih dahulu dengan moisturizing lip balm. Selain itu Anda dapat menggunakan beberapa opsi lainnya seperti menjatuhkan pilihan pada hydrating lipsticks. Jenis liptik yang mengandung bahan fungsional seperti vitamin E hingga gliserin. Bagaimana dengan kesehatan bibir Anda?

Baca juga:

Cara Lembut Menghapus Make Up, Maskara dan Waterproof Eyeliners

Aneka Perawatan Anti Aging Terkini Kaum Hawa

Makanan yang Bermanfaat untuk Menjaga Kesehatan Mata

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.shape.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment