Tips Mudah Melawan Kantuk Saat Berpuasa!

Mengantuk merupakan kejadian yang paling sering dialami seseorang saat menjalani puasa. Padahal datangnya rasa kantuk tidak hanya terjadi karena menurunnya nutrisi tubuh saja, namun juga dapat terjadi karena kurang tidur. Ternyata kondisi ini dapat diminimalisir dengan cara yang cukup mudah seperti mengatur pernafasan. Kok bisa? Berikut penjelasannya!

Mangatur Pernafasan

Mengatur Pernafasan

Mengatur Pernafasan pixabay

Ternyata mengatur pernafasan merupakan salah satu cara untuk mengatasi kantuk. Pasalnya cara kita mengambil nafas akan berpengaruh pada besarnya oksigen yang masuk ke dalam tubuh kita. Selain itu, kemampuan tubuh mengeluarkan oksigen penting untuk menghalau kantuk. Karena itu penting untuk mendapatkan asupan oksigen yang cukup saat bernafas. Semakin pendek nafas seseorang akan semakin sulit oksigen. Padahal oksigen merupakan perantara untuk mengedarkan sari makanan ke seluruh tubuh. Karena itulah sebaiknya Anda melakukan pernafasan secara perlahan melalui hidung, lalu hiruplah udara dalam-dalam melalui diafragma. Dengan cara ini Anda akan meraup lebih banyak oksigen.

Menjaga Kualitas Tidur

Tidur

Tidur 92q.com

Saat puasa usahakan tetap memperoleh kualitas tidur yang baik dan cukup. Selain menghindari begadang, usahakan untuk tidak terlalu banyak tidur. Pasalnya terlalu banyak tidur malah akan membuat seseorang merasa lelah. Agar memperoleh kualitas tidur malam yang baik, segeralah untuk tidur usai ibadah malam selesai dilakukan. Hal ini perlu dilakukan karena menurut penelitian, tidurdi malam hari ternyata dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

Cukupi Kebutuhan Nutrisi Tubuh Anda

Steak

Steak pixabay

Selain itu, pilihan makanan ternyata juga memiliki efek pada datangnya rasa kantuk. Salah satu caranya dapat dilakukan dengan menghindari kafein, baik saat sahur ataupun berbuka. Konsumsi kopi saat berbuka dapat menahan rasa kantuk Anda di malam hari. Akibatnya tentu rasa kantuk tersebut akan datang siang harinya. Untuk meminimalisir rasa kantuk di siang hari, pilihlah menu sahur yang mengandung zat besi baik seperti daging sapi, tiram, kepiting ataupun hati sapi.

Mangalihkan Fokus Pada Hal Positif

Mewarnai

Mewarnai pixabay

Rasa kantuk dan lapar ternyata bisa datang karena seseorang tidak memiliki fokus kegiatan yang tidak menyenangkan. Untuk menanggulanginya, Anda dapat mengalihkan fokus pada kegiatan pada hal positif yang menyenangkan seperti melukis, merajut hingga mewarnai. Tinggal sesuaikan saja dengan hobi Anda.

Jangan Lupa Olahraga

Jalan

Jalan pixabay

Olahraga juga dapat menghilangkan kantuk. Saat puasa Anda tetap dapat melakukan olahraga ringan seperti jalan cepat di pagi hari. Selain dapat menghilangkan kantuk yang kerap melanda usai sahur, jalan cepat dapat menjaga energi saat siang hari.

Baca juga:

Tips Agar Bibir Tidak Pecah-Pecah Saat Sedang Berpuasa

Mengenal Empat Tahapan Olahraga Dikala Berpuasa

Tips Mencegah Sembelit Saat Berpuasa

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Sumber: properti.liputan6.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment