Tips Mengurangi Paparan Kuman dan Kotoran Lainnya Saat Berada di Hotel

Cuci Tangan

Cuci Tangan pixabay

Kuman dan kotoran lainnya merupakan salah satu penyebab timbulnya suatu penyakit. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, kini terdapat berbagai solusi untuk mengurangi paparan kuman dan kotoran lainnya, utamanya saat berada di kamar hotel. Berikut beberapa diantaranya!

Hotel merupakan salah satu pilihan tempat tinggal yang dipilih oleh banyak orang saat melkukan perjalanan wisata ataupun dinas kerja. Selain memiliki fasilitas yang umumnya jauh lebih baik dari fasilitas yang disediakan di motel, hotel umumnya berada di kawasan yang lebih strategis. Hotel merupakan tempat pertama yang digunakan untuk beristirahat. Meski dalam keadaan lelah, jangan lupa untuk lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum beristirahat ataupun bersantai di kamar hotel.

Bagaimanapun juga tangan merupakan sarang kuman. Terkait hal ini, kuman ataupun kotoran lainnya dapat berasal dari berbagai tempat seperti saat menyentuh uang, gagang pintu hingga tombol lift sekalipun. Perlu diketahui pula bahwasa infeksi yang ditularkan melalui tangan itu bisa mencapai persentase sebesar 80% lho! Karena pencegahannya dengan cara yang satu ini tergolong mudah, jangan lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum makan, minum atau bahkan menyentuh wajah sekalipun.

Untuk mengurangi paparan kuman aat berada di kamar hotel, Anda dapat memeriksa kebersihan ruangan dan kamar mandi yang disediakan. Meski terlihat bersih, tidak ada salahnya jika Anda menmbersihkan toilet duduk dengan tissu dan cairan pembersih seperti Lysol. Untuk peralatan seperti mug atau gelas yang tidak disegel dengan plastik pembungkus, Anda dapat mencucinya menggunakan air panas.

Selain itu perhatikan pula kebersihan tempat tidur Anda sebelum menggunakannya. Sprei berwarna putih akan memudahkan Anda melihat ada tidaknya kotoran pada tempat tidur pesanan Anda. Periksa juga selimut yang tersedia di hotel. Meski terdengar berlebihan, namun hal ini memang perlu dilakukan. Apalagi setelah ada kejadian adanya nonovirus, virus yang menyerang perut di kapal pesiar yang ditengarai berasal dari tempat tidur. Nah!

Menggunakan Kaos Kaki

Menggunakan Kaos Kaki pixabay

Untuk mengurangi paparan alergen yang terdapat pada karpet Anda dapat menggunakan kaos kaki dan sandal hotel meski saat Anda bersantai di dalam kamar sekalipun. Membatasi kontak antra kulit dengan karpet atau furniture lain di dalam kamar tentu akan mengurangi resiko terpapar oleh kotoran. Untuk mengurangi paparan kuman sat mandi, Anda dapat menyemprotkan sampo dan air panas selama  sekitar satu menit.

Baca juga:

Tips Liburan Bagi Traveller Penderita Diabetes

Tips Menjaga Berat Badan Saat Liburan

Cara Mudah Mencegah Jet Lag

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama

Sumber: realsimple.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment