Tips Mengatasi Depresi

Depresi adalah masalah perubahan perilaku yang seringkali sangat ekstrem. Depresi terjadi karena adanya keadaan yang amat menekan perasaannya. Seseorang dalam keadaan yang amat tertekan tersebut kebanyakan tak mendapatkan tempat untuk mengatasi masalahnya. Orang lain di sekelilingnya dianggap tidak mampu membantu tapi terasa seperti ikut menekan dirinya.

Depresi

Depresi thepsychiatry

Karena itulah sering dijumpai seseorang yang depresi akan mengambil langkah bunuh diri. Simon Rego, PsyD, direktur pelatihan psikologi di Montefiore Medical Center di New York City, mengatakan ada beberapa metode yang dapat dipraktekkan di rumah untuk menyembuhkan seseorang dari depresi. Metode ini pun bisa dipergunakan pada diri sendiri, dengan tanpa pelatihan khusus.

Ketika Anda merasa ada yang tidak seimbang dalam emosi Anda, secepatnya temukan ruang yang tenang atau lakukan suatu aktivitas positif seperti berkebun. Untuk menghindarkan diri Anda dari simpuls negatif lainnya, imbangi kegiatan berkebun Anda dengan mendengarkan musik yang menyegarkan perasaan atau liburan ke suatu tempat yang nyaman, seperti pantai di daerah tropis. Dikhawatirkan, bila Anda diam saja di rumah sambil meratap, kondisi Anda bisa semakin buruk.

Berhenti merenungkan apa yang telah terjadi, apalagi meratapinya sampai menangis berhari-hari. hal buruk yang sudah berlalu biarkan berlalu, ambil langkah positif, sebab Anda pun pasti sadar bahwa dalam hidup tak mungkin menghindari ujian buruk. Kalau Anda berlarut-larut meratap, emosi Anda bisa semakin tak stabil, cemas, ingatan Anda terganggu, stress, dan membuat Anda terlihat buruk ketika pada akhirnya nanti Anda keluar rumah.

mengatasi depresi

mengatasi depresi indotopinfo

Lakukan refleksi secukupnya, jangan lupa bangkit. Sebuah penelitian membuktikan bahwa bermeditasi dapat membantu mengarahkan pikiran Anda untuk bertindak optimis. Pada saat itu, mulailah untuk berani memprediksikan apa yang bisa Anda dapatkan di masa depan jika Anda mulai memperbaiki diri. Kembali ke ‘panggung’ dengan percaya diri akan membuat Anda tahu, menyesali kegagalan di masa lalu hanya akan membuang-buang waktu.

Yakinlah bahwa masa sekarang lebih penting untuk dipikirkan demi masa depan daripada menginginkan kembali ke masa lalu. Untu memperbaiki kesalahan yang pernah terjadi, Anda harus berubah menjadi orang yang lebih baik. Bekerjalah sesuai dengan kekuatan Anda, berani ambil resiko itu baik, tapi bekerja sesuai dengan kemampuan Anda jauh lebih tepat.

Baca juga informasi sehat lainnya seperti:

Beberapa hal yang bermanfaat untuk kesehatan mental

Keajaiban drama untuk kesehatan mental

Manfaat meditasi untuk kesehatan otak dan mental

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.health.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment