Tips Mengatasi Cegukan Pada Bayi

| Posted : 01 Jun 2015 | Ibu dan Anak, Tips Sehat No comments
Cegukan Bayi newborn-baby

Cegukan Bayi newborn-baby

Cegukan merupakan suatu kondisi yang umum di sekitar kita. Bukan hanya orang dewasa saja yang mengalaminya tapi juga bayi di bawah usia satu tahun. Kondisi cegukan pada bayi ini sering kali disebabkan karena menyusui baik itu ASI ataupun susu formula dan makanan. Menepuk-nepuk bagian punggung secara perlahan adalah cara yang biasa dilakukan untuk menghentikan cegukan. Disamping cara tersebut ternyata masih ada cara lain untuk menghentikan cegukan pada bayi.

Mengutip dari Wikipedia, cegukan dapat terjadi karena adanya kontraksi secara tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menitnya. Udara yang tiba-tiba lewat ke dalam paru-paru ini menyebabkan glottis (ruang antara pita suara) menutup, serta menyebabkan terjadinya suara hik.

Cegukan Bayi medicmagic

Cegukan Bayi medicmagic

Jika cegukan ini sudah terjadi pada bayi, seorang Ibu tidak perlu khawatir karena cegukan bukanlah indikasi dari suatu penyakit serius. Selama bayi tetap merasa bahagia, tersenyum dan dapat makan serta minum dengan baik tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Pada dasarnya cegukan ini akan hilang dengan sendirinya tapi bagi sebagian orang risih dengan kondisi seperti ini. Yang perlu diingat adalah jangan pernah berusaha menghentikan cegukan dengan cara mengagetkan ataupun mengejutkan sang bayi.

Berikut adalah beberapa cara menghentikan cegukan yang biasa terjadi pada bayi di bawah satu tahun :

  1. Bila bayi cegukan pada saat menyusui, coba ubahlah posisi menyusui dan terus susui sampai cegukan hilang.
  2. Perhatikan, apakah saat menyusu ia dalam keadaan tenang atau justru terlihat begitu semangat yang membuat udara masuk ke diafragma.
  3. Cek posisi menyusui Anda. Posisi menyusui yang benar adalah puting dan areola masuk ke mulut bayi, bayi berada dalam garis lurus dengan lengan bayi, serta perut bayi berhadapan dengan perut ibu.
  4. Bila cegukan terus terjadi, hentikan dulu kegiatan menyusunya. Sandarkan bayi tegak menghadap Anda dengan kepala di bahu Anda, lalu tepuk-tepuk punggungnya dengan lembut, seperti ketika Anda menyendawakannya. Tindakan iniĀ  bisa mendorong udara ke atas dan menghentikan cegukan. Setelah cegukan berhenti, susui ia kembali.
  5. Bila bayi minum dari botol, perhatikan apakah botolnya memiliki regulator dan lubang pada dot bayi. Pilihlah botol dengan lubang dot yang lebih kecil agar bayi bisa mengatur ritme menyedot susu sehingga tidak cegukan.
  6. Bila bayi sudah mendapat makanan pendamping ASI, berikan makanan dalam jumlah sedikit demi sedikit dan lakukan secara perlahan-lahan.

Selain itu ada cara lain yang terbilang sangat sederhana dan mudah dilakukan, yakni cobalah berikan si kecil dengan pelukan dan dekapan hangat Anda. Dari beberapa kasus cegukan bayi, cara ini dapat meredakan cegukan dalam beberapa menit dan kemudian berangsur-angsur menghilang.

Lama Maksimal Penyimpanan Air Susu Ibu (ASI)

Panduan Memerah Air Susu Ibu (ASI) yang Benar

Waspadai Bullying Pada Anak Anda!

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber : ayahbunda dan Wikipedia

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment